Hukuman Kebiri Segera Berlaku

Penanganan Kejahatan Seksual Harus Diprioritaskan


Selasa, 10 Mei 2016 - 04:15:18 WIB
Penanganan Kejahatan Seksual Harus Diprioritaskan Ilustrasi.

JAKARTA, HALUAN — Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sejumlah menteri untuk memprioritaskan penanganan masalah kejahatan seksual dengan sanksi yang tegas kepada para pelakunya.

Ia menyebutkan, sanksi hukum harus jelas dan hu­kuman kebiri adalah salah satunya.

Baca Juga : Sejak Dini Hari, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 50 Kali

Diterangkannya, Presiden Jokowi sudah meng­instruk­sikan Menko PMK, Mensos, Menteri Pemberdayaan Pe­rem­puan dan Perlindungan Anak serta Menkumham un­tuk segera memperioritaskan penanganan masalah keja­hatan seksual.

“Kalau ini terus dibiarkan, ataupun tidak ditindak de­ngan hukum yang tegas, maka akan ada saja orang atau kelompok masyarakat mem­punyai keberanian untuk mela­kukan tindakan seperti itu,” kata Pramono, Senin (9/5).

Baca Juga : Sebentar Lagi Puasa, Ayo Cek Jadwal Pencairan THR PNS

Selain diperlukannya pe­ru­musan hukum yang seberat-beratnya pada para pelaku kejahatan seksual, Pramono mengatakan bahwa hukuman kebiri adalah salah satu pili­han yang bisa saja diterapkan. Ini menunjukkan betapa Pre­siden Jokowi ingin agar persoalan kekerasan seksual pada anak bisa ditangani dengan lebih baik dan serius.

Pramono menyebutkan pemerintah juga mendorong agar pengaturan terkait pena­nganan dan penyelesaian ke­ja­hatan seksual masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas). “Karena apapun kan harus juga dibahas ber­sama dengan DPR untuk dapat segera dirumuskan,” ucapnya.

Baca Juga : Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak

Sebelumnya, Menteri So­sial Khofifah Indar Para­wansa, menyebutkan bahwa draf Perppu Kebiri untuk pelaku kejahatan seksual ting­gal menunggu diteken oleh menteri terkait yang terko­ordinasi dalam Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

“Saat ini ada dua draf tentang Perppu Kebiri. Per­tama dengan mematikan sya­raf libido dan kedua tentang hukuman seumur hidup dan mati. Saat ini Perppu itu ting­gal menunggu paraf dari bebe­rapa menteri terkait di PMK,” kata Khofifah di Bengkulu, Jumat (6/5) yang lalu. (h/rol)

Baca Juga : Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 07:24:37 WIB

    Sejak Dini Hari, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 50 Kali

    Sejak Dini Hari, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 50 Kali Sampai saat ini, gunung Merapi masih terus melakukan aktivitas vulkanik yang tergolong tinggi. Bahkan, sejak Jumat 5 Maret 2021 dini hari, teramati terjadi luncuran lava pijar sebanyak 50 kali..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 07:03:10 WIB

    Sebentar Lagi Puasa, Ayo Cek Jadwal Pencairan THR PNS

    Sebentar Lagi Puasa, Ayo Cek Jadwal Pencairan THR PNS Apa yang paling ditunggu oleh pegawai setiap tahun? Tentu saja salah satunya adalah pencairan tunjangan hari raya (THR). Tak terkecuali bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS)..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 02:46:00 WIB

    Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak

    Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang menyelidiki dugaan kasus suap yang melibatkan pejabat di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.
  • Kamis, 04 Maret 2021 - 23:53:50 WIB

    Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu

    Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan upacara serah terima jabatan dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri dan beberapa Kapolda..
  • Kamis, 04 Maret 2021 - 22:09:09 WIB

    Polisi Hentikan Penyidikan Kasus Enam Laskar FPI

    Polisi Hentikan Penyidikan Kasus Enam Laskar FPI Bareskrim Polri resmi menghentikan kasus dugaan penyerangan Laskar FPI kepada polisi di Tol Jakarta-Cikampek KM 50. Dengan begitu, seluruh penyidikan perkara tersebut dan status tersangka pada enam Laskar FPI tersebut sudah .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]