Kota Payakumbuh

UN Hari Pertama Berjalan Lancar


Selasa, 10 Mei 2016 - 04:49:20 WIB
UN Hari Pertama Berjalan Lancar Walikota Riza Falepi bersama Kapolresta AKBP Yuliani didampingi Kadisdik Hasan Basri Sy dan Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber melakukan mo¬ni¬toring UN Senin, (9/5) ke sejumlah sekolah.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Hari pertama ujian nasio­nal (UN) SMP dan MTs di Kota Payakumbuh, berjalan aman, tertib dan lancar. Tak ada kendala dan gangguan UN di Kota Botiah itu.

Walikota Riza Falepi bersama Kapolresta AKBP Yuliani didampingi Ka­dis­dik Hasan Basri Sy dan Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber melakukan mo­ni­toring UN Senin, (9/5) ke sejumlah sekolah.

Baca Juga : Masyarakat Sungai Durian Harapkan Normalisasi Batang Mangoi

Kadisdik Payakumbuh, Ha­san Basri, Sy menyebut, total peserta UN di kota itu, sebanyak 3.133 pelajar. Terdiri dari 2.419 pelajar SMP negeri dan swasta dari 17 sekolah. Sedangkan,  peserta UN dari 6 MTs ne­geri dari swasta, seperti yang di­sam­pai­kan Kepala Kantor Kemenag setempat, Asra Faber, ber­jumlah 714 pela­jar. UN meli­batkan 354 pengawas.

Walikota Fiza Falepi  bersama Kapolresta Yuliani mengingatkan peserta UN agar dengan tenang mengi­kuti UN. Percaya diri dan jangan ceroboh dalam men­ye­l­esaikan soal UN. Di SM­P­N 1,  peserta UN dila­por­kan berjumlah 296 pelajar. Semuanya, ikut UN berbasis komputer (UNBK).

Baca Juga : Pemkab Solsel Sajikan Laporan Keuangan Daerah dengan Tren Meningkat

Hanya saja, karena ke­ter­batasan komputer, maka pelaksanaan UNBK dibagi dalam tiga sesi. Setiap sesi berlangsung  2 jam. Sekolah lainnya yang memakai sis­tem UNBK, adalah SMP Raudhatul Jan­nah. Ter­ha­dap UNBK,  Walikota Riza punya obsesi, dua tahun ke depan, seluruh sekolah pen­ye­lenggara UN sudah punya komputer, sehingga UNBK dapat terlaksana, seperti diharapkan banyak pihak.

Menurutnya, sistem UN­BK akan mampu meng­hi­lang­kan kecurangan UN. Isu soal bocor atau lembaran jawaban sudah beredar, tidak akan terdengar lagi. “Untuk itu, pemko akan me­n­dorong Dik­dis melengkapi kom­puter pada seluruh se­ko­lah, ”katanya.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 647 Kasus

Kapolresta Payakumbuh Yuliani, mengatakan, pihak­nya  menjamin kegiatan UN hingga Kamis (12/5), berjalan dengan aman.  (h/zkf)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]