Delapan Parpol Buka Pendaftaran

Suhu Politik di Payakumbuh Kian Panas


Selasa, 10 Mei 2016 - 04:53:23 WIB
Suhu Politik di Payakumbuh Kian Panas Ilustrasi.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Jelang digelarnya pesta demokrasi pemilihan Wali­kota dan Wakil Walikota Payakumbuh 2017 men­datang, suhu politik kian panas dan semakin kental terasa. Setidaknya, telah puluhan nama dari berbagai latar belakang berbeda yang telah mendaftarkan diri ke sejumlah partai politik.

Hingga saat ini, sedikit­nya sudah ada 8 partai poli­tik yang membuka kran pen­­­daf­taran bakal calon Wa­li­kota dan Wakil Wali­ko­ta Pa­ya­kumbuh. Seperti PBB, PDIP, Partai Nasdem, Par­tai Gol­kar, Partai Demo­krat, Partai Hanura, PAN dan PPP.

Baca Juga : PKL di Solsel Ditertibkan, Melanggar Bakal Disanksi Sesuai Peraturan Daerah

Selain dari maraknya bakal calon yang men­daftar­kan diri, suasana Pilkada juga dirasakan dengan mun­cul­nya baliho, serta spanduk bakal calon yang terpasang di berbagai lokasi strategis sekitar kota.

Terlepas dari itu semua, in­c­umbent Walikota Paya­kum­buh, Riza Falepi yang se­lama ini dikabarkan tidak ikut mencalonkan diri pada Pil­kada 2017 mendatang, ter­nyata sudah merapat ke Par­tai Bulan Bintang (PBB). Me­rapatnya politisi PKS ter­sebut ke PBB, di­a­kui Ketua DPC PBB Kota Paya­kum­buh, Nasrul Ang­ku Bari­ngin.

Baca Juga : Resmi Jadi Gubernur-Wagub Sumbar 2021-2024, Ini yang akan Dilakukan Mahyeldi-Audy Usai Dilantik Presiden

“Memang iya, Riza Fale­pi sudah ke merapat ke PBB beberapa waktu lalu. Riza Falepi juga mengambil for­mulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Walikota Paya­kumbuh. Riza Falepi ke PBB diwakili oleh orang de­katnya,” terang Nasrul Ang­ku Baringin, Senin (9/4) siang.

Diterangkannya, keda­tangan Riza Falepi ke kan­tor DPC PBB Kota Paya­kumbuh diwakili oleh Jum­hur atau akrab disapa Om­pang. “Dia datang atas nama Riza Falepi dan turut me­ngambil formulir pendaf­taran,” ucapnya lagi.

Baca Juga : Jokowi Lantik Tiga Gubernur Sekaligus, Siapa Saja Orangnya?

Formulir pendaftaran yang diambil oleh orang dekat Walikota Riza Falepi itu, terang Nasrul, sampai saat ini belum dikembalikan ke DPC PBB Kota Paya­kumbuh. Semenjak dibu­kanya pendaftaran bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota oleh DPC PBB dari Januari lalu, setidaknya sudah ada 19 nama yang merapat ke PBB. Dari 19 nama tersebut, 13 nama lainnya mendaftar sebagai balon Walikota dan 6 seba­gai balon Wakil Walikota.

Ke 16 nama tersebut, yak­ni Suwandel Mukhtar, Al­maisyar, Wilman Sing­ku­an, Darlis Ilyas, Mawi Etek Arianto, Fitrial Bachri, An­da Setya Budi, Mar­daria­ni, Yon Alnis dan Budi Uta­ma. “Dua nama belum me­ngem­balikan formulir. Me­re­ka hanya mendaftar dan belum terdaftar. Yakni Riza Falepi dan Hendra Yani,” ucapnya.

Baca Juga : Dilepas Ketua DPRD Agam, Jenazah Syafrizal Diantar ke Pandam Pemakaman Keluarga

Sementara, 6 nama yang mendaftar sebagai balon Wakil Walikota yakni Sya­fri­zal, Alek Wijaya, Boy Sandi, Harmen Faidal dan Saripuddin. “Untuk posisi balon Wakil Walikota, satu nama yang belum mengem­ba­likan formulir, yakni Yossi Danti,”terangnya lagi. (h/ddg)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]