Cabuli Pacar, Remaja Belasan Tahun Diadili


Selasa, 10 Mei 2016 - 05:00:24 WIB
Cabuli Pacar, Remaja Belasan Tahun Diadili Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Seo­rang remaja belasan tahun diminta mem­pertang­gung­jawab­kan perbuatannya di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Padang, Senin (9/5). Terdakwa berinisial AR (17) tersebut diduga menca­buli Bunga—nama samaran (17) yang diakuinya sebagai kekasihnya sendiri.

Berdasarkan keterangan dari Mulyana Safitri selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus ini, dalam berkas yang dibacakan dalam sidang tertutup dengan agenda pem­bacaan dakwaan dijelaskan, terdakwa melancarkan ak­sinya setidak-tidaknya seba­nyak tiga kali di tempat yang sama pada rentang Sep­tem­ber-Desember 2015.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

“Terdakwa melancarkan rayuan pada korban, lalu mengajak korban ke kamar dan melakukan hubungan suami istri. Terdakwa juga berjanji pada korban untuk mempertang­gung­jawabkan hubungan mereka nantinya. Berdasarkan pengakuan ter­dakwa, dilakukan sebanyak tiga kali di rumah nenek kor­ban di kawasan Jati Parak Salai, Kelurahan Jati, keti­ganya dengan modus rayuan,” ucap JPU.

Akibat perbuatannya, ter­dakwa terancam pidana dalam pasal 76E Jo Pasal 82 (1) UU Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlin­dungan anak. Namun belum disebutkan ancaman hu­ku­man yang bisa dikenakan pada terdakwa, mengingat status­nya masih seorang pelajar.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

Dalam sidang yang digelar tertutup tersebut, terdakwa didamping Penasehat Hu­kumnya (PH) Jefri. PH me­nyatakan kekecewaannya di hadapan majelis hakim karena tidak diikutsertakan saat pro­ses penyidikan berlangsung. Selain itu, ia juga menyatakan kekecewaan atas tidak dipero­lehnya izin bagi terdakwa untuk mengikuti ujian na­sional.

“Terdakwa ini duduk di bangku kelas tiga dan seha­rusnya ikut UN, tapi karena kasus ini tidak jadi ikut ujian, harusnya ada kelonggaran. Selain itu, saya selaku PH juga tidak disertakan dalam proses penyidikan,” keluhnya.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

Selanjutnya, sidang ter­tutup yang diketuai hakim Nasorianto itu akan dilan­jutkan pada pekan depan dengan agenda penghadiran saksi dari JPU. (h/isq)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]