Simpang Kandang Kembali Semrawut


Selasa, 10 Mei 2016 - 05:02:45 WIB
Simpang Kandang Kembali Semrawut Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Kesemrawutan kembali diukir kawasan Simpang Kandang Pasar Raya Padang karena pedagang “nakal” kembali berjualan  di kawasan yang berkali-kali sudah dibersihkan petugas tersebut.

Pantauan Haluan, Senin (9/5) di Simpang Kandang terlihat para pedagang kem­bali berjualan mulai dari trotoar hingga ke badan jalan. Jualan beragam, mu­lai dari Sandang Pangan hingga barang harian.

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

Sementara itu, tidak ter­li­hat adanya petugas Dinas Pasar yang berjaga di ka­wasan yang semraut ter­sebut. Pedagang dengan leluasa berjualan di tempat yang jelas-jelas sudah dila­rang Pemko Padang.

Salah seorang pedagang yang berada di Simpang Kandang Iyet (45) menyam­paikan bahwa sebelumnya ia dan beberapa pedagang lain dipindahkan ke Inpres II untuk berdagang. Namun, pada aplikasinya peng­ha­silan pedagang tersebut seret dan bahkan merugi.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

“Kami sudah sempat dipindahkan selama hampir dua minggu. Namun hasil­nya merugi karena barang dagangan tidak laku. Ini bisa terjadi karena masih adanya pedagang lain yang berju­alan di bawah ini dengan barang dagangan yang sama. Jelas saja pengunjung tidak naik ke atas,” terangnya.

Kepala Dinas Pasar Ko­ta Padang Endrizal melalui Sekretarisnya Jasman pada Haluan menyampaikan, bah­wa khawasan tersebut memang benar kembali di­pe­nuhi pedagang. Hal ini bukan dibiarkan begitu saja, namun ada perencanaan lain dibaliknya.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

“Dalam minggu ini akan kembali kita bersihkan. Se­bagian besar itu adalah PKL dan ada beberapa pedagang di Inpres II yang masih bandel. Semuanya akan kita pindahkan ke Inpres II Lan­tai II. Jadi Simpang Kan­dang tersebut akan kembali kita bersihkan dan kita tata kembali seperti yang pernah kita lakukan,” katanya.

Ditambahkan Jasman, selain PKL Simpang Kan­dang yang akan dipin­dah­kan, pedagang daging juga akan dipindahkan ke Lantai II Inpres II.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

“Kita memang butuh proses untuk penataan ini. Dalam minggu ini juga ren­ca­nanya akan dipindahkan pedagang daging untuk me­ngurai kesemrawutan Pasar Raya,” lanjutnya.

Sementara Inpres III sedang dalam proses pem­bangunan, Inpres II akan diisi dulu dan dipenuhkan. “Kita minta dukungannya juga dari pedagang supaya bisa be­kerjasama dengan pihak Di­nas Pasar. Tidak bandel dan mau diatur serta tidak mela­wan,” pung­kasnya. (h/win)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]