Psikolog Yuni Ushi Johan

Sebaiknya Perppu Kebiri Diberlakukan untuk Pelaku Kejahatan Seksual Dewasa


Selasa, 10 Mei 2016 - 15:15:22 WIB
Sebaiknya Perppu Kebiri Diberlakukan untuk Pelaku Kejahatan Seksual Dewasa Yuni Ushi Johan

PADANG, HALUAN -- Terkait rencana pemerintah membuat Perppu kebiri untuk menjerat pelaku kejahatan seksual, Psikolog Yuni Ushi Johan mengatakan, sangat setuju jika hal itu diberlakukan untuk pelaku dewasa. Tapi jika diberlakukan untuk pelaku anak-anak dan remaja, dia menilai perlu pertimbangan, karena  anak dan remaja masih mempunyai kesempatan untuk diperbaiki moral dan mentalnya.

“Kalau hukuman kebiri untuk pelaku dewasa, saya sangat setuju karena jika orang dewasa yang sudah sempurna akal dan pikirannya masih melakukan pemerkosaan, mereka layak dihukum seberat-beratnya. Kalau untuk pelaku anak, saya kira anak dan remaja masih layak diberi kesempatan untuk memperbaiki diri,” terang Yuni, Selasa (10/5).

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 03 Maret 2021

Yuni juga mengapresiasi kebijakan pemerintah yang merevisi UU No.35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, yang didalamnya termasuk pemberlakukan hukum kebiri itu.

Menurut dia, UU Perlindungan Anak memang sudah waktunya direvisi, karena perkembangan anak-anak sekarang sudah sangat jauh berbeda dengan anak-anak zaman dahulu.

Baca Juga : Peringati Setahun Covid-19, Hendri Septa Beberkan Prosesi PBM Tatap Muka di Kota Padang

“Anak-anak perempuan sekarang, usia menstruasinya lebih dini, juga anak laki-laki mengalami mimpi basah di usia lebih awal, sehingga hormon-hormon seksualnya juga lebih cepat berkembang dan lebih cepat aktif,” ulas Yuni. (h/nov) 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: redak[email protected]