Sumbar Peringkat Tujuh untuk Destinasi Wisata Unggulan di Tanah Air


Selasa, 10 Mei 2016 - 15:50:25 WIB
Sumbar Peringkat Tujuh untuk Destinasi Wisata Unggulan di Tanah Air Asnawi Bahar

PADANG, HALUAN -- Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan dan Wisata (Asita) Pusat Asnawi Bahar pada Haluan di Padang, Selasa (10/5) mengatakan, Sumbar kini menduduki peringkat tujuh untuk destinasi wisata unggulan di tanah air.

Adapun target jumlah wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2016 sebanyak 10,7 juta. Sementara itu angka 2015, sebanyak 10,4 juta wisman.

Baca Juga : Dongkrak Taraf Hidup Petani, Pengembangan Tanaman Porang Jadi Program Unggulan Satu Desa di Solsel

Dari angka 10,4 juta wisman itu, 60 persennya disumbang oleh tiga great yakni Batam/Kepri, Jakarta dan Bali. Sedangkan 4 juta sisanya dibagi oleh 30 provinsi termasuk Sumbar.

“Nah dari data yang ada kunjungan wisman ke Sumbar itu setiap tahunnya sekitar 50 ribu orang. Namun itu untuk angka direct atau langsung dari negaranya.

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Padahal wisman yang masuk ke Sumbar itu juga sebelumnya dari daerah lain terlebih dahulu, tapi itu tidak dihitung. Perkiraan saya bisa 100 ribu wisman,” tambah Asnawi.

Dikatakannya salah satu yang menjadi  kendala masih minimnya kunjungan ke Sumbar adalah biaya penerbangan yang mahal ke Sumbar.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

Oleh karena itu ia berharap pemda memberikan dukungan atas masalah ini selain pembenahan objek wisata dan SDM masyarakat di daerah wisata. (h/ita)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]