BPBD Kota Pariaman Gelar Pelatihan TRC


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:00:50 WIB
BPBD Kota Pariaman Gelar Pelatihan TRC Wawako Pariaman dan Kepala BPBD Kota Pariaman saat memeriksa pasukan TRC BPBD Kota Pariaman dalam pelatihan TRC. (TRI)

PARIAMAN, HALUAN — Ba­dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kota Pariaman melaksanakan pela­tihan TRC kepada relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan relawan Ke­lom­pok Siaga Ben­cana (KSB) di lapangan bola kaki Sikapak Timur, Keca­matan Pariaman Utara. Ke­giatan berlangsung selama 5 hari, (9 s/d 13/5).

Menurut Kepala BPBD Kota Pariaman, Yaminu Rizal kepada Haluan, Senin (9/5), pe­latihan un­tuk menjadikan anggota TRC tetap tanggap, sigap dan cekatan dalam me­laksanakan tugasnya.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Diskusikan Persoalan Layanan Komunikasi dan Internet dengan Masyarakat Tandikek Barat

Selain itu anggota TRC mampu melakukan penye­la­matan jiwa manusia, mampu melakukan proses evakuasi korban dan terampil dalam mempergunakan peralatan dan perlengkapan tim rekasi cepat.

Jumlah peserta sebanyak 40 orang, terdiri dari 35 peser­ta dari relawan TRC BPBD Kota Pariaman dan 5 orang dari relawan kelompok siaga ben­cana BPBD Kota Paria­man.

Baca Juga : SDG’S Desa Dikupas Leonardy di Tandikek Barat

Pelatihan ber­lang­sung de­ngan dua metode, teori dan praktek, dengan nara sumber dari SAR Kota Padang, POSSI Sumbar, Pol­res Kota Pariaman dan Kodim 0308 Pariaman, Lembaga Dak­wah Pencerahan Suara Hati dan BPBD Kota Paria­man.

Dibuka Wakil Walikota

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar. Membuka pe­la­tihan kegiatan pelatihan tim reaksi cepat BPBD Kota Pa­riaman tersebut.

Genius meng­ingat­kan, kondisi alam dan ling­kungan kita sangat berpo­tensi ter­ja­dinya bencana, baik itu ben­cana alam, wabah penya­kit, maupun bencana akibat dari kelalaian manusia, untuk itu sebagai relawan yang men­jadi ujung tombak pe­nan­ggula­ngan ben­cana, TRC Kota Pa­riam­an ha­rus terus dila­tih dan diasah kemampuannya agar selalu saat di butuhkan dalam kondisi darurat.

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

Sebagai Relawan Team Re­aksi Cepat (TRC), jelas berpe­ran sebagai ujung tom­bak dalam menangani keben­canaan.

Kepada semua peserta diklat,agar dapat mengi­kuti­nya dengan sebaik-baik­nya dengan harapan sete­lah  me­ngikuti kegiatan ini ang­gota tim TRC Kota Pariaman men­jadi lebih disiplin, cekatan dalam me­laksanakan tugas harian ,evakuasi pe­nye­la­ma­tan  ji­wa ma­nu­sia ma­u­pun te­ram­pil dalam mem­­per­gu­na­kan peralatan TRC. (h/tri)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]