Pemimpin ISIS di Irak Tewas


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:01:24 WIB
Pemimpin ISIS di Irak Tewas ABU Waheeb, salah seorang pemimpin kelompok ISIS di Provinsi Anbar, Irak, dilaporkan tewas.

WASHINGTON DC, HALUAN  —  Salah seorang pemimpin kelompok ISIS di Provinsi Anbar, Irak, dila­porkan tewas akibat serangan udara pasukan koalisi.

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon mengklaim Abu Waheeb, yang meru­pakan mantan anggota Al-Qaeda di Irak, tengah beper­gian menggunakan sebuah kendaraan di sebuah kota dekat Rutba, Provinsi Abar, ketika serangan udara berlangsung.

Baca Juga : Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar

Selain Waheeb, ada tiga anggota milisi lainnya yang juga tewas dalam serangan udara tersebut, demikian lan­sir BBC.

“Akhir-akhir ini berbahaya menjadi pemimpin ISIS di Irak dan Suriah,” kata Peter Cook, juru bicara Pentagon, kepada wartawan di Washington DC, AS, Senin (9/5/2016).

Baca Juga : Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

Dijelaskan oleh Cook, Waheeb adalah pemimpin militer bagi kelompok ISIS di Provinsi Anbar. Pria berusia 30 tahun yang mengenyam pendidikan ilmu komputer itu kerap digambarkan dalam situs-situs pemantau sebagai tokoh yang naik daun di da­lam tubuh ISIS.

Waheeb pernah ditangkap oleh pasukan AS di Irak dan divonis hukuman mati, namun ia berhasil melarikan diri dari penjara pada 2012. Setahun kemudian, namanya pun se­makin terkenal setelah membunuh sekelompok supir truk asal Suriah yang sedang melintasi Irak. (h/inl)

Baca Juga : Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]