Telkom Hadirkan 1.000 Pustaka Digital


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:11:08 WIB
Telkom Hadirkan 1.000 Pustaka Digital CEO Telkom Group, Alex J. Sinaga.

JAKARTA, HALUAN — PT Tel­kom berkomitmen me­nye­­diakan Pustaka Di­gital (Pa­Di) di 1.000 loka­si­selu­ruh Indonesia. Hal itu dila­ku­kan Telkom seba­gai salah sa­tu implementasi program ‘BU­MN Hadir Untuk Ne­ge­ri’ dan untuk mendukung pro­gram Ta­man Bacaan Ma­­syarakat dari Kemen­te­ri­an Pen­di­dikan dan Kebu­da­ya­an.

Demikian pernyataan CEO Telkom Group, Alex J. Sinaga dalam acara BUMN Hadir untuk Negeri Bagi Dunia Pendidikan Indone­sia yang ditandai dengan peluncuran Pustaka Digital di Menara Multimedia Ja­karta, Rabu (4/5).

Baca Juga : Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal Marak, Satgas Waspada Investasi Ajak Masyarakat Bijak

Dalam siaran pers Tel­kom yang diterima Haluan, Selasa (10/5), Menteri Pen­di­dikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menga­presiasi Telkom atas dilun­curkannya PaDi. “Teri­maka­sih kepada  Telkom yang telah menjadi contoh BU­MN yang telah menerima pendapatan dari masya­rakat, lalu mengem­balikan­nya dalam bentuk yang ber­manfaat,” ujarnya.

Anies juga berharap de­ngan hadirnya teknologi digital melalui PaDi, dapat meningkatkan minat dan daya baca masyarakat, khu­susnya di daerah–daerah luar perkotaan.” Teknologi di­anggap sebuah keme­wa­han bagi masyarakat per­kotaan. Namun, di daerah-daerah non-perkotaan, tek­nologi menjadi sebuah ke­butuhan bagi mereka,” se­butnya.

Baca Juga : Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj  Diangkat jadi Komut PT KAI

Sebelum itu Telkom te­lah memiliki Qbaca, toko buku digital yang di dalam­nya terdapat bebagai pus­taka dari berbagai penerbit. Melalui PaDi (program tang­gung jawab sosial peru­sahaan), Telkom bermaksud untuk memberikan akses seluruh pustaka digital milik berbagai penerbit tersebut secara gratis kepada semua lapisan masyarakat.

Alex menuturkan, dalam kaitan penyediaan PaDi, Telkom berkomitmen hing­ga akhir 2016 menyediakan 1.000 lokasi Pustaka Digital yang tersebar di seluruh Nusantara. Pustaka Digital tersebut berlokasi di Gra­pari Telkomsel, sudut wifi, dan Plasa Telkom. Saat ini telah tersedia lebih dari 200 lokasi PaDi di 34 provinsi.

Baca Juga : Miliki 10 Ribu Ton, Bulog Sumbar Jamin Stok Beras Aman

Pengembangan tek­no­logi digital  dan peman­fa­atannya oleh masyarakat secara luas memang telah menjadi perhatian Telkom. Sebagai BUMN terdepan dalam pengembangan tek­nologi di Indonesia, sela­yaknya Telkom ikut ber­tanggung jawab mendorong pembentukan masyarakat digital Indonesia.

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengapresiasi Telkom yang telah melun­curkan PaDi, “Saya yakin dan bangga kepada Telkom dalam mengembangkan ICT, seperti PaDi. Dengan demikian, Kementerian BU­MN berharap Telkom terus mendukung program Kemdikbud dalam me­ning­katkan kualitas Sumber Da­ya Manusia,” ujarnya.

Baca Juga : Dinas Peternakan Sumbar Pastikan Stok Daging Sapi Surplus Sampai Lebaran

Selain PaDi, Telkom te­lah menghadirkan Pro­gram In­donesia Digital Learning (IDL) dan My Teacher My Hero. IDL  merupakan pro­gram pelatihan ICT bagi para guru. Tujuannya, agar para guru mampu meman­faatkan ICT sebagai sarana pe­ning­katan kompetensi, kualitas proses belajar me­ngajar, serta mendorong siswa untuk mam­pu meng­optimalkan ICT dalam pro­ses belajar.

Program “BUMN Hadir untuk Negeri” dibuat untuk mendorong setiap BUMN memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan benar-benar dirasakan man­faatnya bagi lingkungan sekitar dan seluruh bangsa pada umumnya.

“Melalui berbagai pro­gram tanggung jawab sosial pe­rusahaan yang fokus pada pe­ngembangan masyarakat di­gital Indonesia, Telkom ber­harap mampu mem­beri­kan manfaat secara luas bagi pe­ningkatan kompetensi dan da­ya saing global bang­sa se­hingga mampu ber­kom­petisi di kancah inter­nasional. Semuaini kami persem­bah­kan untuk In­donesia,”tutup Alex J. Si­naga. (h/dj)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]