Rakor Walinagari Menuju Solsel ‘Serius’


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:20:59 WIB
Rakor Walinagari Menuju Solsel ‘Serius’

SOLSEL, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) gelar rapat koordinasi dengan Wali na­gari Se-Solsel selama satu hari. Rapat koordinasi de­ngan tema dengan dana desa kita tingkatkan partisipasi anak nagari menuju Solsel sejahtera dan religius (serius) bertempat di Aula Kantor Bupati pada Selasa,(10/5).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri pengurus bamus ma­sing-masing nagari dan se­luruh camat se- Solsel, Se­dangkan narasumber ber­jumlah dua orang. Pertama Kajari Padang Aro, E. Nur­hidayat dan Kapolres Solsel AKBP Ahmad Basahil, yang diwakili oleh Kanit Tipikor Brigadir Ridho.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Kabag Pemerintahan Na­gari yang juga sebagai ketua pelaksana, Basrial dalam kegiatan tersebut mengatakan telah ada alokasi dana desa nagari di Solsel melebihi dari Rp. 1 miliar. Menurutnya alokasi dana desa tersebut telah melebihi dari program pemerintah.

Sementara, Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi rakor tersebut. Menurutnya rakor bagus dila­kukan se-sering mungkin, karena dengan seringnya ra­kor maka pihak walinagari akan terhindar dari kesalahan da­lam pengimplementasi da­na desa.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Kemudian, nagari selain memperoleh dana desa juga men­dapatkan alokasi ang­garan 10 persen dari APBD Solsel. Penggangkatan dan pemberhentian walinagari di SK-kan Bupati.

”Dengan de­mikian wa­linagari tidak bisa berkata bahwa ia tidak ber­kaitan dengan pemerintah daerah. Pe­merintahan nagari dan Pe­merintah daerah me­rulakan satu kesatuan yang tidak bisa dipi­sahkan,”t utupnya. (h/jef)

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]