Pemilik 635 Butir Ekstasi Disidang


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:37:54 WIB
Pemilik 635 Butir Ekstasi Disidang

PADANG, HALUAN — Tri­yo­nal (22), warga Andalas Pa­dang Timur hanya bisa ter­diam mendengar keterangan saksi dalam sidang kasus du­gaan pemilikan narkotika jenis pil ekstasi, di Pengadilan Negeri (PN) Padang, Selasa (10/5).

Dalam persidangan, Lidya selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus tersebut menyer­takan 635 butir pil ekstasi siap edar yang menjadi barang bukti (bb) saat penangkapan.

Baca Juga : Sebanyak 5000 Orang di Kota Padang Telah Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan dan pe­meriksaan saksi tersebut meng­hadirkan lima orang saksi, dua di antaranya dari pihak kepolisian yang mela­kukan penangkapan terhadap korban pada Jumat 20 No­vember 2015 lalu, sedangkan tiga lainnya adalah masya­rakat setempat.

Berdasarkan keterangan dua saksi dari pihak kepo­lisian, terdakwa telah menjadi Target Operasi (TO) dalam tiga bulan belakangan. Pe­nangkapan pun berhasil dila­kukan di kawasan Tanah Si­rah, Kota Padang, setelah sebelumnya petugas menge­labui terdakwa dengan berpu­ra-pura menjadi pembeli.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 07 Maret 2021

“Setelah mengumpulkan informasi terkait keberadaan terdakwa, kami menyamar jadi pembeli dan membeli lima butir ekstasi seharga Rp1,5 juta. Sehari setelahnya, pada 20 November kami me­nang­kap terdakwa di rumah orangtua angkatnya dengan kondisi sedang tertidur,” kata saksi pihak kepolisian.

Dari penangkapan ter­sebut, lanjutnya, ditemukan sebuah tas cokelat berisi 635 pil ekstasi. Terletak di bawah kursi tamu tempat korban tertidur. Dari pengakuan ter­dakwa, barang tersebut ia dapatkan dari Riki (DPO) dan akan diedarkan di ka­wasan Kota Padang dan se­kitarnya.

Baca Juga : Cegah Perceraian dan Kekerasan, Kemenag Padang Dukung Raperda PKK

Terdakwa yang sudah per­nah dibui atas kasus yang sama membenarkan kete­rangan kedua saksi penang­kap. Sidang yang dipimpin Hakim Nasorianto itu dijad­walkan akan dilanjutkan pe­kan depan.

Ketika ditanyai apakah terdakwa akan meng­hadirkan saksi yang akan meringankan, terdakwa hanya terdiam mes­kipun wajahnya menyiratkan ketidakpuasan atas kete­rangan saksi. (h/isq)

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]