100 Pelajar Sumbar Jalani Seleksi Paskibra


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:41:35 WIB
100 Pelajar Sumbar  Jalani Seleksi Paskibra Ilustrasi.

PADANG, HALUAN —Se­ba­ny­ak 100 orang siswa dan siswi se-Sumatera Barat mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Ben­dera (Paskibra) yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olah­raga (Dispora) Sumatera Barat. Seleksi sendiri dimulai dari 9-13 Mei. Seleksi dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadispora Sumbar Priyadi Syukur, Senin (9/5) di Hotel Rasaki.

“Untuk jumlah peserta masing-masing daerahnya ti­dak sama. Hal itu ditentukan berdasarkan kuotanya. Pe­nen­tuan kuota tersebut ber­dasar­kan banyak sekolah yang be­rada di daerah. Siswa dan siswi yang mengikuti seleksi ini merupakan yang terbaik di daerahnya yang sebelumnya juga dilakukan seleksi,” ujar Ketua Panitia Seleksi Hendri Budi Utama, Senin (9/5).

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

Materi seleksi sendiri ada­lah fisik, jasmani, seni budaya, PBB dan bahasa Inggris. “Un­tuk ukuran tinggi yang putra adalah 170 cm dan putri 165 cm. Sementara itu tim selek­sinya berasal dari Polda, ang­ka­tan laut, Purna Paski, purna pertukaran pelajar dan dari Dispora,” bebernya.

Lebih jauh Hendri men­jelas­kan dari 100 orang peserta saat ini, nantinya yang akan lolos seleksi sebanyak 56 ora­ng. “Dari 56 orang tersebut kami akan memilih empat orang yaitu dua orang putra dan dua orang putri yang akan dikirim untuk tingkat na­sio­nal,” tuturnya.

Baca Juga : Hari Ini, Pedagang Pasar Raya Melakukan Vaksinasi

Dari empat orang itu dua di antaranya akan dipulangkan dan kembali bergabung deng­an tingkat provinsi. Jadi yang di provinsi ada 54 orang. “Ko­m­posisi dari 54 orang tersebut adalah 26 putri dan 28 orang putra,” jelasnya.

Setelah mereka dinyatakan lulus mereka akan di­asrama­kan.  “Pengumuman ke­lulusan­nya yaitu pada tanggal 13 Mei. Bagi yang lulus mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 15 Agustus akan diasramakan,” ungkapnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 04 Maret 2021

Sementara itu Kadsipora Sumbar Priyadi Syukur me­nga­takan kalau dalam seleksi ini tidak ada titipan.

“Saya pastikan dalam selek­si ini tidak ada titipan. Jadi untuk para peserta atau orang tua peserta jangan coba-coba untuk menghubungi panitia untuk meminta diluluskan,” ujarnya. Lebih jauh Priyadi meminta para peserta untuk menge­luarkan kemampuan ter­baik­nya saat seleksi.

Baca Juga : Ini Tanggapan Hendri Septa soal Siapa Wakil Walikota yang Mendampinginya

“Kami ingin mengirimkan yang terbaik untuk tingkat nasional. Kami tidak ingin malu nantinya,” bebernya lagi. (h/san)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]