Hindari Inflasi, Antisipasi Harga Komoditas Utama


Rabu, 11 Mei 2016 - 04:55:34 WIB
Hindari Inflasi, Antisipasi Harga Komoditas Utama Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyampaikan, laju inflasi di Sumbar relatif fluktuasi, namun bersyukur di tahun 2015 capaian inflasi Sumbar terendah nasional.

“Pertumbuhan ekonomi Sum­bar cenderung berada di atas na­sional. Laju pertumbuhan PDRB Sumbar pada triwulan I 2016 menduduki posisi pertama di kawasan Sumatera,” ujar Irwan saat menghadiri kegiatan High Level Meeting dengan topik baha­san sekilas perkembangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi Sum­bar terkini, peta jalan (roadmap) pengendalian inflasi daerah, dan terkait isu strategis mengenai resiko dan antisipasi inflasi men­jelang Ramadan dan lebaran, Sela­sa (10/5) di Aula Bank Indonesia Provinsi Sumbar.

Menyikapi akan datangnya bulan Ramadan dan lebaran, dimana biasanya terjadi pening­katan arus distribusi dan konsumsi barang dan jasa, pihak terkait segera membuat action road map pengendalian inflasi. “Hal ini selalu dilakukan dan sangat pen­ting untuk terjaminnya stabilitas harga dan terjaganya pasokan distribusi barang dan jasa,” lanjut Irwan.

Ditambahkannya, komoditas yang perlu diwaspadai selama bulan Ramadan di Sumbar yaitu beras, cabai merah, telur ayam ras, daging ayam ras, daging sapi, dan tarif angkutan udara, selain komo­diti lainnya yang juga dipantau dan dikendalikan fluktuasi harga dan terjaminnya pasokan.

Sementara itu, program anti­sipasi harga menjelang ramadan antara lain, pertama, Analisis komoditas yang cenderung me­ngalami kenaikan harga menjelang ramadan. Kedua, Melaksanakan koordinasi bersama anggota TPID terkait diantaranya pemantauan harga secara berkala, pemantauan kecukupan pasokan, menjaga kelancaran distribusi. Ketiga, Komunikasi ekspektasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Puji Atmoko juga mengingatkan pemerintah setempat mewaspadai kenaikan lima komoditas utama menjelang Ramadan karena ber­dasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir harganya selalu melonjak.

“Lima komoditas yang telah diuraikan bersama tadi perlu kita waspadai dan diharapkan diku­rangi juga mangkonsumsinya,” paparnya.

Pertemuan tingkat tinggi ter­sebut juga sekaligus pe­nan­d­a­ta­nganan peta jalan pengendalian inflasi Sumbar yang dihadiri Gu­ber­nur Sumbar Irwan Prayitno serta sejumlah bupati dan wali kota.

Dilanjutkan Puji, berdasarkan kecenderungan sejak tiga tahun terakhir cabai merah dan beras menjadi penyumbang utama ter­jadinya inflasi pada saat ramadan.

“Ini terjadi akibat tingginya permintaan bahan makanan men­jelang ramadan dan Idul Fitri yang mendorong terjadinya kenaikan harga,” tambahnya.

Selain itu Sumbar juga me­rupakan daerah tujuan mudik untuk wilayah luar Pulau Jawa sehingga terjadi kenaikan harga tiket pesawat udara cukup sig­nifikan. Ada tradisi pulang basamo sehingga harga tiket pesawat me­lonjak drastis.

Puji menyampaikan solusi yang bisa dilakukan untuk meng­anti­sipasi kenaikan harga tersebut antara lain Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) harus memantau secara berkala harga kebutuhan pokok dan memastikan pasokan mencukupi.

Koordinasi antara produsen dengan distributor guna menjaga kelancaran distribusi juga perlu dilakukan terutama untuk ko­moditas yang berasal dari luar Sum­bar. Kemudian perlu dila­kukan operasi pasar, memastikan kecukupan bahan bakar minyak, serta membentuk pos pengaduan yang menampung keluhan ma­sya­rakat terkait ketidakstabilan har­ga. Ia juga mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam m­e­ngon­sumsi dan membeli bahan pokok berlebihan. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 14:40:24 WIB

    Mulai Senin, Kendaraan Masuk ke Padang Dibatasi untuk Hindari Corona

    Mulai Senin, Kendaraan Masuk ke Padang Dibatasi untuk Hindari Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna memperlambat penyebaran Covid-19, Pemko Padang segera mempersempit jalur kendaraan yang masuk terutama jalur-jalur masuk menuju pusat kota. Persempit jalur masuk ke kendaraan ke Kota Padang di.
  • Jumat, 10 Maret 2017 - 11:03:08 WIB

    Ada Demo Sambil Bakar Ban, Hindari By Pass Depan Balaikota

    Ada Demo Sambil Bakar Ban, Hindari By Pass Depan Balaikota PADANG, HARIANHALUAN.COM--Puluhan massa memblokir jalan By Pass Padang tepatnya di depan Balaikota Padang, Jumat (10/3). Aksi tersebut dilakukan sebagai protes klaim tanah antara kaum maboet dan lehar..
  • Sabtu, 03 September 2016 - 17:12:29 WIB

    Warga Padang, Hindari Ruas Jalan ini

    Warga Padang, Hindari Ruas Jalan ini Macet mengular di sana. Ratusan kendaraan terjebak. Tak nampak polisi mengatur jalan..
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:43:59 WIB
    WAGUB: ASN TAK PERLU CEMAS

    Kepala Daerah Harus Putar Otak Hindari Tumpang Tindih di SOTK Baru

    Kepala Daerah Harus Putar Otak Hindari Tumpang Tindih di SOTK Baru PADANG, HALUAN — Rencana Pemerintah se-Sumatera Barat untuk menciutkan dan memisahkan SKPD setelah adanya PP No. 18 tahun 2016 dan UU No. 23 tahun 2014, diharapkan tidak membuat kegalauan bagi para Aparatur Sipil Negara (AS.
  • Rabu, 27 April 2016 - 03:41:14 WIB

    Hindari Macet dengan Mengakses ATCS

    PADANG, HALUAN—Ke­majuan teknologi informasi bila dimanfaatkan dengan baik, pastinya akan mem­permudah pekerjaan. Salah satunya adalah untuk me­ngetahui kepadatan arus lalu lintas pada lokasi rawan macet yang akan dilewa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]