Pintu Muara di Bukit Jirat, Danau Kering Kecamatan Pauh Tertutup

Warga Batu Busuak, Kecamatan Pauh Khawatir Banjir Bandang Akan Terulang Lagi


Rabu, 11 Mei 2016 - 16:08:12 WIB
Warga Batu Busuak, Kecamatan Pauh Khawatir Banjir Bandang Akan Terulang Lagi Jemabatan batu busuk yang dihondoh banjir bandang tahun 2012 lalu

PADANG, HALUAN – Warga Batu Busuk, Kecamatan Pauh, sangat khawatir banjir bandang seperti pada tahun 2012 silam akan terjadi lagi. Kekhawatiran itu makin hari makin meningkat, karena pintu air yang berada di Bukit Jirat, Danau Kering, Kecamatan Pauh tersebut sudah lama tertutup dan mengakibatkan banjir bandang di wilayah tersebut.

"Untuk diketahui, penyebab banjir bandang yang terjadi pada tahun 2012 silam di wilayah Limau Manis tersebut salah satunya akibat tertutupnya pintu air di Bukit Jirat yang berada sekitar 15 kilometer dari Limau Manis. Untuk menempuh perjalanan kesana, tentu membutuhkan waktu berjam-jam sekitar 10 jam bagi orang yang belum pernah ke atas bukit yang ada danau tersebut," ucap Ketua RT 02 RW 04 Kelurahan Kapalo Koto Kecamatan Pauh, Syafli (48) yang didampingi tokoh masyarakat setempat, Hasan Basri (62) saat ditemui Haluan, Selasa (11/5).

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

Ia mengklaim bahwa pihaknya sudah melihat kondisi danau yang ada di bukit tersebut bahwa kayu-kayu yang ada di bukit tersebut sudah lama roboh akibat angin kencang yang melanda Kota Padang beberapa waktu lalu, dan langsung jatuh ke danau yang ada di bukit tersebut. "Kayu-kayu tersebut jika jatuh tidak akan langsung tenggelam di danau, melainkan akan mengendap terlebih dahulu. Jika pintu air ini tidak dibuka, tentu air di danau tersebut akan langsung melimpah, tanpa melalui muara danau tersebut. Hal ini akan langsung berdampak ke masyarakat. Dan seperti kejadian tahun 2012 silam, kejadian banjir bandang tersebut juga menghancurkan sawah, ladang dan rumah milik beberapa warga setempat," ungkapnya.  (h/mg-dil)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]