Madrasah Ikut Naikkan Prestasi Pendidikan


Kamis, 12 Mei 2016 - 04:26:02 WIB
Madrasah Ikut Naikkan Prestasi Pendidikan

BUKITTINGGI, HALUAN — Prestasi demi prestasi terus diraih Kota Bukittinggi, khu­susnya di bidang akademik. Berdasarkan hasil capaian siswa pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK Tahun Pelaja­ran 2015/2016, secara keselu­ruhan Kota Bukittinggi me­raih peringkat teratas untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Berdasarkan hasil itu pula, Madrasah mempunyai peran yang signifikan dalam men­dongkrak peringkat Kota Bu­kittinggi di Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di mana jika nilai yang diambil hanya nilai rerata siswa SMA saja, Kota Bukittinggi berada di posisi kedua di bawah Kota Padang Panjang.

Baca Juga : Kodim 0308 Pariaman Siapkan Posko TMMD ke-110

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madra­sah Kemenag Kota Bukit­tinggi Tri Andriani Djusair saat ditemui Haluan di ruang kerjanya, Selasa (10/5) lalu.

“Jika nilai yang diambil hanya nilai rerata siswa SMA saja, Kota Bukittinggi berada di posisi kedua dengan nilai 63,37 di bawah Kota Padang Panjang dengan nilai 64,31. Namun, jika nilai yang diambil nilai rerata siswa SMA dan MA, Kota Bukittinggi men­jadi pemuncak dengan nilai 62,76 berada diatas Kota Padang Panjang dengan nilai 61,24,” jelasnya.

Baca Juga : Pemkab Agam Lelang Puluhan Paket Pekerjaan Senilai Rp73 Miliar

Berdasarkan hasil tersebut jelas An, membuktikan bah­wasanya Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi bersama Kemenang Kota Bukittinggi maju bersama dalam mening­katkan mutu pendidikan, khu­susnya mutu pendidikan di Kota Bukittinggi ini.

Selanjutnya An menam­bahkan, jika dilihat dari nilai rerata MA se-Sumatera Barat, siswa MA Kota Bukittinggi berada pada peringkat teratas di Provinsi Sumbar dengan nilai 59,73 berada di atas Kota Padang Panjang dengan nilai 57,33.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Sementara itu ungkap An, prestasi siswa MA Kota Buki­ttinggi per jurusan juga ber­banding lurus dengan prestasi Kota Bukittinggi. Untuk juru­san IPA, tiga orang siswa MA Kota Bukittinggi berada da­lam 20 besar nilai tertinggi Madrasah se-Sumatera Barat. Sedangkan untuk jurusan IPS, 13 orang siswa berada dalam 20 besar nilai tertinggi dan menduduki peringkat perta­ma se-Sumatera Barat atas nama Nadiya Syafrial dari MAN 1 Bukittinggi. Untuk Jurusan Agama, 2 orang siswa berada dalam 20 besar nilai tertinggi.

Selain itu, MA di Kota Bukittinggi juga telah mampu bersaing dengan sekolah umum lainnya, di mana untuk jurusan IPS, MAN 1 Bu­kit­tinggi berada pada peringkat ketiga Kota Bukittinggi dan posisi ke 6 untuk jurusan IPA.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Jika dilihat dari kemam­puan individu, siswa MA juru­san IPS menduduki posisi tertinggi untuk Kota Bukit­tinggi. Tidak tanggung-tang­gung, dua orang siswa MA berada posisi 1 dan 2 tingkat Kota Bukittinggi yaitu atas nama Nadiya Syafrial dan Muhammad Wahyu, yang keduanya berasal dari MAN 1 Bukittinggi. Untuk jurusan IPA, siswa MA berada di posisi ke 18 atas nama Adelina Utari yang juga berasal dari MAN 1 Bukittinggi.

“Berdasarkan hasil ca­paian siswa pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016 ini me­nunjukkan bahwa lulusan madrasah mampu berprestasi di tengah-tengah hegemoni sekolah umum dan membe­rikan sumbangsih yang signi­fikan dalam pendidikan Na­sio­nal. Sesuai dengan slogan madrasah, Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah,” tutup An. (h/wet)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]