UBH Gandeng Persatuan Insinyur


Kamis, 12 Mei 2016 - 04:59:28 WIB
UBH Gandeng Persatuan Insinyur

PADANG, HALUAN—Ju­rusan Teknik Me­sin Fakultas Tek­nologi Universitas Bung Hatta telah mengikuti Pro­gram Pem­binaan Profesi Insinyur (P3I) dan Work­shop Sertifikasi In­sinyur Profesional yang dia­dakan di Hotel Axana Padang pada 4 Mei 2016.

Dalam kesempatan ter­se­but juga dise­pakati untuk men­jalin kerja sama antara UBH dengan Pengurus Pu­sat Per­satuan Insinyur Indo­nesia un­tuk penyelenggaran Rekognisi Pembelajaran Lampau ( RPL).

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 03 Maret 2021

“Nantinya kegiatan ini akan dihadiri langsung oleh Direktur Eksekutif PP PII Ir Rudihanto Handojo, IPM, pada 31 Mei 2016 men­datang,” ujar Ir. Riz­ky Arman, MT dosen Teknik Mesin UBH, kemarin.

Dikatakannya, pelatihan ini merupakan kerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia dalam rangka persiapan Pen­didikan Insinyur Profesional dan Rekognisi Pembelajaran Lampau ( RPL).

Baca Juga : Peringati Setahun Covid-19, Hendri Septa Beberkan Prosesi PBM Tatap Muka di Kota Padang

RPL adalah bagi sarjana teknik yang minimal telah tamat dan berkiprah selama 3 tahun di bidangnya. Untuk mempersi­apkan kerja sama tersebut, UBH mulai dari se­karang menyiapkan tenaga pengajar yg profesional de­ngan gelar, Ir, IPM sebanyak mung­kin. Dengan syarat minimal 6 orang in­siyur profesional Mad­ya.

“Hal ini juga untuk me­res­­pon kebutuhan alumni yang diperkirakan berjum­lah sekitar 5000 alumni yang bekerja seba­gai profesi in­siyur. Dimana ini menjadi keharusan dengan disah­kannya UU tentang Profesi Keinsinyuran No. 12 tahun 2014 yang mengharuskan pengakuan gelar insiyurnya di dunia kerja dan men­dukung karier bagi alumni tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga : Padang Diguyur Hujan Lebat, Rumah Warga Mulai Digenangi Air

Menurut penjelasan Ir. Ngadiyanto IPM, alumni Fa­kul­tas Teknik UBH hanya bo­leh mengikuti program P3I di perguruan tinggi asalnya dan bekerjasama dengan PII Wi­layah.

Hal ini berbeda dengan pendidikan profesi insiyur utk yang baru tamat yang wajib mengikuti pendidikan profesi insiyur dengan jumlah 24 SKS dgn komposisi 75% praktek dan 25% teori selama 1 tahun. (h/ita)

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan Padang Temukan 10 Sajam

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]