Anggota DPRD Padang: Perlu Perda Penangkal Kejahatan Seksual


Kamis, 12 Mei 2016 - 05:00:41 WIB
Anggota DPRD Padang: Perlu Perda Penangkal Kejahatan Seksual

PADANG, HALUAN—Hu­kum yang berlaku belum mam­pu menangkal perilaku kekerasan seksual dan pen­cabulan yang kian marak terjadi di Indonesia termasuk di Kota Padang. 

Oleh karena itu diper­lukan regulasi khusus melalui peraturan daerah (perda) guna mencegah kekerasan seksual tersebut. Demikian dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Muha­rlion, kemarin.

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

Ia mengatakan harus ada regulasi khusus yang dibuat untuk meminimalisir per­buatan tersebut.”Payung hu­kum terkait kekerasan atau kejahatan seksual perlu dite­gakkan,” katanya.

Dikatakan adanya  kasus kekerasan seksual dan pen­cabulan tidak terlepas dari peranan dan didikan kelu­arga.Oleh karena itu orang tua,  harus lebih banyak me­la­kukan pengawasan kepada anak dan,  memantau pe­rilaku anak.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

“Orang tua jangan teledor dan membiarkan, apalagi  ketidakpedulian  terhadap pergaulan anak di luar ru­mah,” ujarnya lagi,

Sementara itu Ketua Ko­misi II DPRD Kota Padang  Elly Thrisyanti mengatakan, perlu ada sebuah perda ter­kait hal itu. Selain itu, tokoh-tokoh masyarakat seperti cadiak pandai, alim ulama dan niniak mamak harus lebih pro aktif men­do­rong peran ke­luarga ke arah yang benar.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

“Apa gunanya,  ada perda namun tidak diikuti penga­walan oleh masya­rakat. Yang perlu dila­kukan,  adalah ba­gai­ma­na memperkuat ben­teng agama serta mena­nam­kan akidah yang kuat kepada generasi muda,” ujarnya.

Hal lainnya,  yang perlu diperhatikan adalah penga­turan penggunaan internet, penggunaan pakaian yang sopan bagi anak perempuan serta mengawasi peredaran minuman beralkohol.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

Dikatakannya, pakaian yang tidak senonoh bagai­manapun bisa memicu atau memancing tindakan pele­cehan seksual. Begitu juga konsumsi minuman beral­kohol (minol),  dapat mem­buat seseorang bertingkah di luar akal sehat.

Ia  minta  Pemko Padang  segera mengajukan ranperda minol untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.(h/ade)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]