Di Kabupaten Solok

Panen Sayur, Banyak Siswa Tak Ikut UN


Kamis, 12 Mei 2016 - 05:11:21 WIB
Panen Sayur, Banyak Siswa Tak Ikut UN Bupati Solok H. Gusmal SE MM berdialog dengan Plt Kadis Dikpora Kab. Solok Zulfadli dan Pengawas SMP/MTs Waithlem S.Pd, M.Pd saat monitoring pelaksanaan UN di SMPN 1 Gunung Talang, Rabu (11/5) (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 34 orang siswa SMP/MTs di Kabuaten Solok tidak dapat mengikuti Ujian Nasional  (UN) serentak tahun ini dengan berbagai alasan. Di antaranya Droop out (DO) sebanyak 22 siswa, meninggal dunia sebanyak 2 orang, sakit 10 orang.  

“Peserta ujian SMP dan MTs  sebanyak 6.183 siswa  terdiri peserta ujian SMP 4.452 siswa dan MTs 1.431 siswa se Kabupaten Solok. Siswa yang tidak dapat me­ngikuti ujian sebanyak 34 orang siswa,” kata Plt Kadis Disdikpora kab. Solok Zul­fadli,S.Pd, M.Pd saat me­ninjau pelaksanaan UN SMP/MTs di SMP N 1 dan SMP N 2 Guntal, Rabu (11/5) kemarin.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Disebutkan, angka DO terbanyak ada di SMP 2 Sungai Nanam yaitu se­ba­nyak 8 orang. Hal ini ka­rena saat ini Nagari Sungai Nanam musim panen  sayur yang mengakibatkan  mo­ti­vasi sekolah para siswa jadi hi­lang. “ Untuk ujian su­sulan bagi siswa yang sakit di­agendakan tanggal 16,17,19 Mei 2016 mendatang,” bebernya.

Bupati Solok Gusmal, SE MM menyebutkan, un­tuk mengatasi tingginya angka jumlah siswa yang tidak mengikuti ujian Na­sional tingkat SMP dan MTs ini, pihaknya meminta ke­pala dinas pendidikan me­lalui kepala sekolah untuk dapat melakukan pen­de­katan dialogis dengan orang­tua siswa.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

“Kita harus me­na­nam­kan kepada masyarakat pen­tingnya pendidikan ter­ha­dap masa depan dan ke­ma­juan bangsa.  Karena itu kita harus serius dalam meng­hadapi masalah pendidikan di Kabupaten Solok ini,” kata Gusmal  berharap semoga UN tingkat SMP, MTs ini terlaksana dengan lancar dan mengangkat pres­tasi pendidikan Kab. Solok. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]