Syamsul Bahri

Hobi Menanam yang Berbuah Prestasi


Jumat, 13 Mei 2016 - 03:19:58 WIB
Hobi Menanam yang Berbuah Prestasi Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru Solok Drs. H. Syamsul Bahri.

Siapa yang menanan kebaikan, tentulah akan mememetik kebaikan pula. Itulah kehidupan, bahkan terkadang apa yang kita petik jauh lebih besar dari apa yang kita tanam sebelumnya.

Setidaknya penggalan kalimat penuh hikmah inilah yang telah memotivasi kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru Solok Drs. H. Syamsul Bahri dalam menjalani hidup dan ka­rirnya sebagai seorang kepala madrasah. Dari hobi yang sangat sederhana, suka menanam, suami dari Elmariyati S.Pd ini kemudian memetik buah prestasi yang cukup mentereng.

Baca Juga : Satu Tahun Pandemi, Deretan Artis Indonesia yang Meninggal Dunia karena COVID-19

Syamsul menceritakan, niat­nya sebagai kepala sekolah yang awalnya ingin menciptakan sua­sana nyaman di lingkungan se­kolah, dengan menanam berbagai tanaman penghijauan itu, justru mengantarkannya meraih sej­um­lah penghargaan, tak hanya se­bagai Kepala sekolah namun juga bagi sekolah yang dipimpinnya.

Setidaknya, sejak pertama kali meniti karir menjadi kepala MAN Kota Sawah Lunto pada periode 2004 hingga 2012 lalu, sejumlah prestasi sudah disabet alumnus Fakultas Olahraga IKIP Padang angkatan 84 ini. Seperti juara 1 kepala sekolah SLTA se Kota Sawah Lunto, Juara 1 sekolah sehat antar madrasah 2009, juara 3 sekolah sehat antar SLTA se sawahlunto.

Baca Juga : Jasa Titip Jual Beli Akun Game Online yang Aman dan Terpercaya Lewat Gabenstore

Tak habis sampai di situ, ke­ber­hasilannya itupun ditularkan ketika pindah menjadi kepala MAN Kota Solok pada 2012-2014 lalu. Hanya dalam setahun pada tahun 2013, sejumlah prestasi pun kembali diraihnya, seperti Juara 1 kepala Madrasah ber­prestasi tingkat Sum­bar, Juara 1 Madrasah Sehat tingkat Sumbar, Juara 2 Sekolah sehat antar SLTA tingkat Provinsi Sum­bar hingga kemudian men­gan­tarkan MAN Kota Solok meraih Adiwiyata Nasional.

Keberhasilan Syamsul Bahri mengangkat prestasi dan mengubah corak sekolah di dua madrasah sebelumnya, rupanya telah membuat Kemenag Kab. Solok kepicut untuk juga mem­boyongnya ke MAN Koto Baru, hingga pada tahun 2014 silam Syamsul pindah ke MAN Koto Baru Kec. Kubung Kab. Solok dengan jabatan yang sama sebagai kepala Madrasah.

Baca Juga : Teddy Syah Jelaskan Asal Muasal Rina Gunawan Terpapar COVID-19 dan Penyakit Penyerta yang Diderita

Kampus yang dulunya ter­kesan gersang itu pun dirubahnya menjadi hijau dan rindang dengan berbagai tanaman hias dan ta­naman obat keluarga (Toga). Tak ayal, Madrasah yang berlokasi di Guguk Panjang Jorong Bawah Duku nagari Koto Baru itu pun dihantarkannya meraih Adiwiyata Provinsi tahun 2015, juara 3 sekolah sehat antar SLTA Sumbar, Juara 1 Madrasah Sehat Sumbar.

“Insha Allah pertengahan tahun ini kita akan dinilai sebagai Madrasah Adiwiyata tingkat Na­sional,” kata ayah dari M. Abrar Naim, Abdullah Nasih Ulwan dan Abdullah Azzam, yang pada tahun kemarin sekolahnya men­dapat bantuan kantol KLH Solok berupa motor sampah atas berhasilan pengelolaan sam­pah di sekolah.

Baca Juga : Rina Gunawan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir dengan Protokol Kesehatan

Baginya, setiap pe­ker­jaan yang dilakukan oleh sia­papun harus ada in­sen­tifnya. Namun in­sentif dimaksud tak selalu dalam bentuk materi, karena insentif terbaik itu adalah de­ngan mem­­berikan mo­tivasi untuk ber­buat lebih baik. “Kuncinya, tu­juan utama pe­ker­jaan adalah ibadah. Kalau kita mendapat pres­tasi, anggaplah itu se­bagai bonus da­lam mencapai tu­juan,” tutup­nya. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]