SMPN 1 Lubuk Sikaping Targetkan Lulus 100 Persen


Jumat, 13 Mei 2016 - 03:25:53 WIB
SMPN 1 Lubuk Sikaping Targetkan Lulus 100 Persen

Pasaman, Haluan — Ratusan siswa SMPN 1 Lu­buk Sikaping dan orangtua siswa menghadiri acara mu­hasabah atau kontemplasi yang digelar pihak sekolah dalam rangka menghadapi Ujian Nasional yang bakal berlangsung, Senin (9/5).

Acara yang berlangsung di Masjid Agung Al-Mut­taqin, Lubuk Sikaping ter­sebut dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Lubuk Sikaping, Yusar, para majelis guru, Ketua Komite Sekolah, M. Mardinal, para orangtua siswa, serta pem­beri muhasabah, Hidayatul Taufik, Alumni STPDN.

Baca Juga : Pemkab Agam Lelang Puluhan Paket Pekerjaan Senilai Rp73 Miliar

Kepala Sekolah SMPN 1 Lubuk Sikaping, Yusar da­lam arahannya mengatakan acara kontemplasi ini se­ngaja digelar untuk siswa yang bakal mengikuti Ujian Nasional.

“Kontemplasi ini seti­daknya dapat membantu dan memotivasi para siswa untuk lebih giat lagi belajar dan kelak mampu mena­matkan pendidikan di se­kolah ini dengan nilai yang sangat memuaskan dan mam­pu lulus 100 persen,” terangnya.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Di samping ratusan siswa yang hadir, katanya, pihak sekolah juga mengundang para orangtua untuk meng­hadiri acara kontemplasi tersebut.

“Kita juga sengaja men­datangkan orangtua murid pada acara ini, dengan hara­pan terciptanya kesamaan persepsi antara wali murid dan pihak sekolah terkait pola pembinaan kepada anak-anak,” ungkapnya.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Ia menambahkan, pihak­nya sengaja mendatangkan Trainer atau narasumber dari salah satu Alumni ST­PDN, karena dari info yang didapat, kapabilitas Hi­da­yatul Taufik dalam acara Kontemplasi sudah tidak diragukan dan mampu me­motivasi para siswa.

Hal senada juga disam­paikan oleh Ketua Komite SMPN 1 Lubuksikaping, Mardinal. Ia juga berharap sesudah menggelar acara kontemplasi tersebut, para siswa menjadi termotivasi dan lebih giat lagi dalam menyelesaikan pen­didikan­nya di jenjang SLTP ini.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

“Kita berharap anak-anak kita dapat menye­lesai­kan studinya di SMP ini dengan nilai yang memu­askan dan bisa mem­bangga­kan kedua orangtua dan para gurunya,” ujar M. Mar­dinal yang juga salah satu anggota DPRD Pasaman saat ini.

Selanjutnya, acara Kon­templasi diawali dengan penyampaian materi dari Trainer, Hidayatul Taufik. Materinya yang sederhana dan disampaikan dengan elegan membuat siswa ter­kesima dan selalu fokus dengan substansi materi yg disampaikan sang Trainer, adakalanya terdengar gelak tawa dari peserta dan wali murid, dan adakalanya su­asana begitu hening mana­kala Trainer berbicara ten­tang perjuangan ayah dan ibu dalam membesarkan anak-anaknya.

Pada sesi acara, Hi­daya­tul Taufik mengajak semua peserta kontemplasi untuk berdiri dan menundukkan kepala mereka, kemudian dengan mahirnya beliau memaparkan tentang perjuangan dan pengor­ba­nan kedua orangtua dari kecil hingga saat ini.

Selanjutnya, ia juga me­ngisahkan bagaimana deri­tanya melahirkan seorang anak, dimana seorang ibu harus meregang nyawa an­tara hidup dan mati dan lain sebagainya.

Dengan vokal suara sang trainer yang menggema, ti­dak lama kemudian seluruh peserta larut dan hanyut dalam perasaan bersalah kepada orang tua dan mere­kapun tak kuasa memben­dung airmata, suara Isak tangis memenuhi ruangan.

“Sekarang saya minta dengan ikhlas kepada adek-adek semuanya, datangilah Ibu anda yang saat ini se­dang menunggu anda dibe­la­kang, berlututlah dika­kinya, dan minta maaflah padanya, dan ucapkan teri­ma kasih yang tulus kepa­danya, sungguh keberha­silannya dalam UN kelak tidak bisa lepas dari doa-doa tulus mereka, yakni ayah dan ibu Anda,” ujar Hidayatul Taufik dengan suara yang sudah mulai serak.

Seluruh siswa pun men­datangi orangtuanya, me­reka bersimpuh mohon maaf dan memeluk ibu dan ayah mereka. “Saya berharap efek motivasi yang dirasakan siswa tidaklah temporer, maka dari itu dibutuhkan perhatian dan waktu bagi orang tua untuk terus mem­bimbing anak-anak mereka, agar menjadi orang sukses dikemudian hari,” ujar Hi­dayat kepada Haluan.

Acara ini diakhiri dengan acara salam-salaman bersama dengan majelis guru dan komite sekolah.(h/tos)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]