Kejahatan Seksual Marak

Megawati Tegur Menteri Puan


Jumat, 13 Mei 2016 - 03:35:05 WIB
Megawati Tegur Menteri Puan

JAKARTA, HALUAN — Ketua Umum PDI Perjuangan, Me­gawati Soekarnoputri mengaku sudah menegur Menteri Koor­dinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Men­ko PMK) Puan Ma­ha­rani, terkait banyaknya kasus kejahatan seksual dalam be­berapa waktu terakhir.

Presiden Republik Indo­ne­sia Kelima itu mengatakan, di­rinya sudah berpesan pada Pu­an sebagai Ibu pada anak­nya. 

Baca Juga : Junaidi Auly FPKS: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak

“Dulu saya didik kamu, saya beri kesadaran penuh sebagai perempuan dan saya beri pandangan perepuan, tapi kenapa hal ini terjadi,” ujarnya mengulang kalimat yang di­sampaikannya pada Puan saat deklarasi Indonesia Melawan Kejahatan Seksual di Jakarta, Kamis (12/5).

Megawati mengatakan, se­la­­ma dirinya menjadi Presiden, le­bih mudah menggerakkan Ke­menterian Perempuan un­tuk memberikan keleluasaan pa­da perempuan dalam akses sa­ma seperti laki-laki. Misalnya so­al layanan transportasi pu­blik. 

Baca Juga : Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu

Namun, apa yang ter­jadi saat ini mengenai kejadian kejahatan sek­sual yang me­nurutnya di­se­babkan karena pera­da­ban Indonesia ter­cera­but dari akar budayanya. “Anak-anak kita ke­hila­ngan panutan,” tegasnya.

Harus Lebih Kuat

Baca Juga : Polisi Hentikan Penyidikan Kasus Enam Laskar FPI

Wanita Indonesia ka­ta Megawati, harus men­jadi lebih kuat sehingga mampu membela dirinya apabila men­dapat keke­rasan seksual dari ok­num yang tidak bertang­gung­jawab. “Saya suka gemas jika lihat wanita yang lembek. Bu­kan berarti tidak dandan atau kelaki-kelakian, bukan seperti itu. Tapi yang bisa membela dirinya,” kata dia.

Perempuan yang kuat, te­rang Megawati, akan sangat membantu untuk melindungi dirinya terhadap ancaman dari tindak kekerasan apapun. Atau paling tidak, perempuan harus mempersenjatai dirinya untuk jaga diri.

Baca Juga : Pemerintah Luncurkan Kartu Prakerja Catin, LaNyalla: Modal Awal Persiapan Kehidupan Baru

“Atau minimal punya sem­protan merica (pepper spray) seperti yang dimiliki polisi untuk jaga diri. Kita harus lebih peduli dan ajari anak-anak untuk waspada, sehingga peris­tiwa seperti Yuyun tidak terjadi lagi,” terangnya. (h/mtv)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]