Pemda Harus Fokus Pembangunan Infrastruktur


Jumat, 13 Mei 2016 - 03:36:06 WIB
Pemda Harus Fokus Pembangunan Infrastruktur

JAKARTA, HALUAN — Menteri Dalam Negeri Tjah­jo Kumolo mengingatkan jajaran pemerintah daerah untuk fokus pada pembangunan infrastruktur di daerah masingma­sing.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kepala da­erah dalam merencanakan dan melaksanakan pemba­ngu­nan daerahnya fokus pada satu atau dua program. Lebih baik fokus ke pem­bangunan infrastruktur, ba­ru kemudian bidang lain,” ka­ta Tjahjo di Jakarta, Ka­mis (12/5).

Baca Juga : SBY Sebut Kepala Staf Presiden Moeldoko Rugikan Jokowi

Program pemerintah da­e­rah untuk pem­ba­ngu­nan, lan­jut Tjahjo, se­baik­nya di­la­kukan secara ber­tahap, na­mun konsisten. Hal itu su­paya manfaat pem­ba­ngu­nan dapat dira­sakan bagi ma­syarakat da­erah setem­pat.

“Dengan demi­ki­an out­put-nya pun tampak dan kontrol pembangunan teru­kur langsung oleh kepala daerah. Sehingga, anggaran (daerah) itu jangan dibuat program secara keseluruhan di semua sektor,” jelasnya.

Baca Juga : AHY: Pemerintah Agar Serius Perhatikan Keselamatan Penerbangan

Jika pemda meng­gu­na­kan pola pikir pem­bangunan di segala bidang, tanpa meng­klasifikasikan bidang yang mendesak, maka hasil­nya tidak akan terfokus.

Pada penutupan Musya­wa­rah Perencanaan Pemba­ngu­nan Nasional (Mus­ren­bangnas), Rabu (11/5), Pre­si­den Joko Widodo me­nga­jak seluruh pemerintah da­erah, baik provinsi, kabu­paten dan kota untuk mem­bangun ciri khas daerah.

Baca Juga : Tepuk Jidat! Edhy Prabowo Diduga Salah Gunakan Kunjungan Online

Hal itu dimaksudkan agar daerah memiliki ciri khas dan karakteristik yang dapat membawa nilai lebih, khususnya di sektor eko­nomi, bagi masyarakat da­erah tersebut.

Sebelumnya, Wakil Pre­si­den Jusuf Kalla juga me­nyerukan agar pemerintah daerah dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi da­lam mengelola produk-pro­duk lokal.

Baca Juga : Jokowi Instruksikan Jajaran Segera Selesaikan Tanggul Citarum yang Jebol di Bekasi

Wapres mendorong pe­merintah daerah mengelola potensi yang ada dan mem­buat kebijakan yang bagus sehingga menjadikan daerah tersebut menarik bagi in­vestor asing.

Dengan adanya in­ves­tasi di daerah tersebut, maka lapangan pekerjaan akan terbuka bagi ma­sya­rakat sekitar dan hasil pro­duksi di daerah tersebut dapat me­ningkat.

“Suatu kemakmuran ha­nya akan terjadi apabila ada hal yang sangat penting, yaitu lapangan kerja dan peningkatan hasil. Dan se­mua­nya itu hanya dapat dihasilkan oleh teknologi yang dikerjakan dengan in­vestasi modal yang baik. Oleh karena itulah, maka daerah-daerah harus me­narik,” kata Wapres Kalla.

Menjadikan suatu da­erah menarik, lanjut Wapres, memerlukan usaha dan ker­ja keras dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk meng­hasilkan produk-produk da­erah yang berkualitas. (h/ant)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]