Pembangunan Asrama SMAN 5 Harus Diawasi


Jumat, 13 Mei 2016 - 04:21:46 WIB
Pembangunan Asrama SMAN 5 Harus Diawasi

Payakumbuh, Haluan — Tahun 2016 ini, SMAN 5 Payakumbuh kembali  mendapatkan kucuran dana dari APBD Payakumbuh se­be­sar Rp 2,2 Milyar. Dana tersebut,  digunakan untuk lanjutan pembangunan asrama dalam meningkatkan fasilitas sekolah yang ber­basis boarding school tersebut.

 Untuk pembangunan asrama sekolah yang berada di selatan Kota Payakum­buh tersebut sudah ditender dan pemenangnnya pun su­dah didapat. Berdasarkan website LPSE Kota Paya­kumbuh, tender lanjutan pembangunan asrama SM­A­N 5 Payakumbuh itu  di­me­nangkan oleh CV Gri­baldi Indah Perkasa dengan harga tawaran Rp 2,06 Mil­yar dari Rp 2,27 pagu dana yang disediakan.

Baca Juga : Sebanyak 27.419 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

 Tetapi terlepas dari itu, banyak pihak menilai pro­yek  lanjutan pembangunan asrama SMAN 5 Paya­kum­buh  malah dikhawatirkan nantinya tak selesai dikerja­kan. Pasalnya, rekanan dari pelaksana proyek tersebut baru beberapa bulan  pulih dari status dalam daftar hitam. “Ini yang kita ragu­kan. Rekanan proyek pelak­sana asrama SMAN 5 Paya­kumbuh  pernah diblacklist pada 2013 lalu. Saat itu, rekanan tidak mampu men­ye­lesaikan pekerjaan yang diberikan pemerintah hing­ga perusahaan tersebut   di­blac­klist,”terang Yudilfan Habib Tokoh Pemerhati Kota Payakumbuh  pada Kamis (12/5) kemarin.

Pada 2013 lalu, per­u­sahaan CV Gribaldi Indah Perkasa merupakan rekanan pemenang tender  proyek pembangunan restoran pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Paya­kumbuh senilai Rp 1,4 Milyar . Setelah batas waktu kontrak habis CV Gribaldi Indah Perkasa tidak mampu menyelesaikan pem­bangu­nan restoran yang berada   di kawasan wisata Ngalau In­dah hingga akhirnya peru­sahaan tersebut di blacklist. Bahkan, terbengkalainya pembangunan restoran se­m­pat ditangani unit Tipikor Reserse Kriminal  Polres Payakumbuh.”Kita bukan melarang perusahaan yang pernah masuk daftar hitam untuk mendapatkan pe­ker­jaan . Meski status daftar hitamnya sudah pulih, tetapi  rekanan yang bersangkutan  memiliki jejak pengalaman  yang mengkhawatirkan. Ap­a­lagi nilai proyek yang di­kerjakan kali  ini cukup besar,”tegas Yudilfan.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Total 29.098 Kasus

Yudilfan berharap, ja­ng­an sampai kejadian ditahun 2013 lalu dengan ter­beng­kalainnya proyek  pem­bangu­nan restoran Ngalau Indah terjadi pada pem­bangunan asrama SMAN 5 Payakumbuh. “Seharusnya restoran sudah bisa di­man­faat­kan semenjak 2014 te­tapi karena rekanan tidak mampu mengerjakannya malah proyek jadi ter­beng­kalai. Jangan sampai keja­dian serupa terjadi lagi, ”tegasnya lagi.

Hal senada juga di­ung­kapkan Koorodinator LSM Aliansi Masyarakat Peduli Rakyat (Ampera ) Sumbar, Syawaluddin Ayyub. Me­nurut putra Koto Tinggi tersebut, pembangunan as­rama SMAN 5 Paya­kumbuh harus diawasi bersama-sa­ma. “Proyek  ini harus kita awasi bersama-sama, ter­masuk penegak hu­kum, ”te­gas Syawaluddin Ayub.

Baca Juga : Hijab Bukan Halangan bagi Perempuan untuk Belajar Diving

Sementara Kepala SM­A­N 5 Payakumbuh Res­nulius tidak mengetahui banyak terkait pem­bangu­nan asrama di sekoah yang dipimpinnya tersebut. “Se­mua terkait pe­m­bangunan asrama  berada pada Dinas Pendidikan Paya­kum­buh, ”terangnya.

 Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­ya­kumbuh, Hasan Basri me­ngaku tidak khawatir ter­hadap rekanan yang me­ngerjakan proyek asrama SMAN 5 Payakumbuh.  “Ki­­­ta tidak khawatir soal­nya waktu pengerjaan cu­kup panjang,”ucapnya. Mes­ki Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh tersebut belum mengetahui siapa rekanan untuk mengerjakan asrama tersebut, tetapi pengerjaan dilakukaj dengan pro­fes­sional.”Ini kan ditender, siapa pemenangkan kita tak tahu. Nanti ini dikerjakan dengan profesional. Berapa yang dikerjakan itu yang kita bayar. Intinya kita tidak khawatir dan harus ada pe­nga­wasan,”jelasnya. Saat ini, lanjutan pembangunan as­rama SMAN 5 Payakumbuh sudah memasuki tahap pe­na­n­datangan kontrak. (h/ddg)

Baca Juga : Merespon Harapan Masyarakat Cimpago Selatan, Leonardy Harmainy Upayakan Pembangunan dari APBD

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]