Sengaja Budi Syukur

Mengurus Olahraga Sebagai Bakti


Sabtu, 14 Mei 2016 - 01:45:29 WIB
Mengurus Olahraga Sebagai Bakti Sengaja Budi Syukur.

Sengaja Budi Syukur merupakan salah satu insan olahraga di Sumatera Barat. Baginya olahraga merupakan salah satu bagian dari hidupnya. Dalam keluarganya  sendiri tidak ada yang berhubungan dengan olahraga baik atlet maupun menjadi pengurus olahraga.

‘’Saya bekerja sebagai swasta. Menjadi insan olaharaga ini sebagai bentuk bakti saya un­tuk Sumatera Ba­rat,’’ ujar Sengaja Budi Syu­kur, selasa (10/5).

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Untuk mengurus olahraga yang banyak menguras waktu, te­naga, fikiran dan materi pernah dikomplain oleh istri­nya. ‘’Istri saya per­nah bertanya me­­ngapa harus mengurus olah­­­raga, ter­ka­dang sam­pai melu­pa­kan ke­luar­­ga. La­­l­u saya ja­wab olah­­­ra­ga su­dah men­ja­­di hobi bagi saya. Lebih baik saya mengurus olah­raga yang sudah merupakan hobi saya dari pada me­ngerjakan yang negatif dan akhirnya dia me­ngerti,’’ bebernya.

Lebih jauh Budi yang juga Ketua PASI Sumbar ini mengatakan bahwa orang yang mengurus olahraga adalah orang yang gila. ‘’Se­bab kita akan me­ngor­ban­kan fikiran, wak­tu, tenaga dan materi. Meski kita su­dah bekorban namun masih ada juga yang menghujat. Kan hanya orang yang ‘’gi­la’’ mau seperti itu,’’jelasnya.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Bagi Budi sendiri mau me­ngurus olahraga dika­re­nakan ada kebanggaan jika atlet berhasil meraih yang ter­baik. ‘’Hanya bebe­rapa hal lagu indonesia raya bisa berkumandang dan bendera merah putih bisa berkibar diluar negeri, per­tama ada presiden datang dan kemu­dian jika ada atlet yang menjadi juara,’’ pung­kas­nya.

Untuk mengurus olah­ra­­ga bisa dikatakan kalau Bu­di Syukur cukup sukses. Sa­at dia menjadi pengurus re­nang prestasi renang Sum­bar saat itu cukup baik de­ngan melahirkan pere­nang handal seperti Yosita dan Harizal. Kemudian men­jadi ketua PASI Sum­bar, prestasi PASI Sumbar pun mente­reng.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

‘’Saya sudah dua periode di PRSI, dan ada orang atletik meminta saya untuk menjadi ketua PASI saya menyatakan oke. Dan saya melihat di PRSI ada orang yang bagus sebagai penganti saya. Maka­nya saya ting­galkan dan mau pindah ke PASI,’’bebernya.

Menurutnya kunci agar sukses untuk meningkatkan pres­tasi suatu cabor adalah di­mana masing-masing pe­ngu­rusnya menjalankan fung­­sinya. ‘’Saya sebagai ke­tua tidak pernah mela­ku­kan intervensi terhadap pe­latih dalam hal teknis. Sa­ya sebagai ketua umum mem­berikan motivasi kepa­da at­let dan membuat kebi­ja­­kan secara umum,’’ beber­nya.

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

Untuk memotivasi atlet, di­rinya sering mengatakan ke­pada atlet yang akan ber­tan­­ding, kalau ada sesuatu hal, hanya atlet tersebut yang bi­sa mengambilnya melalui pres­tasi yang dicip­taka­nya.’’ un­tuk memotivasi atlet saya se­ring memberikan mereka bo­nus,’’ jelasnya

Lebih jauh dirinya me­nga­­takan memiliki harapan agar olahraga Sumbar bisa ber­jaya baik di pentas na­sio­nal dan internasional. ‘’Saya ingin melihat atlet Sumbar bertan­ding di ting­kat nasio­nal dan inter­na­sional dan meraih pres­tasi yang bagus,’’ tutup pri­a yang juga Wake­tum III KO­NI Sumbar ini. (Arda­sani)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]