Tampung Aspirasi Masyarakat

Pemprov Buka SMS Pengaduan


Sabtu, 14 Mei 2016 - 02:08:50 WIB
Pemprov Buka SMS Pengaduan Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Pemprov Sumbar membuka layanan pengaduan masyarakat berbasis short messages service (SMS) seputar pariwisata dan pelayanan di ling­kungan Pemprov Sumbar. Saat ini Pemprov Sumbar tengah menyempurnakan layanan tersebut bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait agar terus bisa melayani masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sek­da) Provinsi Sumbar, Ali Asmar dihubungi Haluan Jumat, (13/5) malam me­nga­takan, memang laman pengaduan ini merupakan sebuah terobosan terbaru dari Pemprov Sumbar untuk menampung aspirasi ma­sya­rakat, apakah itu ma­salah pariwisata atau pun tentang pelayanan di ling­kungan Pemprov Sumbar.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

“Laman pengaduan ini dikelola langsung oleh SK­PD terkait. Setelah masuk pengaduan, saran, dan kriti­kan yang membangun akan di-forward oleh SKPD yang bersangkutan,” paparnya.

Diterangkan Ali Asmar, hal ini merupakan bentuk keterbukaan Pemprov Sum­bar terhadap masukan, kri­ti­kan, saran dan juga ide kreatif yang mungkin akan muncul dari masyarakat, sekaligus untuk menge­m­bangkan pariwisata Sumbar. 

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

“Kita di Pemprov tidak anti kritik. Salah satu bukti­nya dengan hadirnya laman pengaduan ini,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif (Disparekraf) Sumbar Burhasman, laman pengaduan ini telah berjalan kurang lebih satu bulan. Sudah banyak pengaduan yang masuk seputar pari­wisata di Sumbar.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

“Mulai tentang main pakuak, fasilitas pariwisata, kebersihan di lokasi des­ti­nasi wisata. Semua penga­duan itu langsung kita tindak lanjuti,” katanya.

Laman pengaduan berbasis SMS ini, lanjutnya, merupakan perintah langsung Gubernur Irwan Prayitno kepada SKPD untuk bisa menerima saran, ide, kritikan yang membangun dari masyarakat.  “Kita akan tampung semua masukan dari masyarakat dan kemudian akan ditindak­lanjuti,” pungkasnya.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

Dikutip dari laman Instagram Gubernur Sumbar, Irwan Pra­yitno, saat ini Pemprov Sumbar memiliki dua nomor layanan hotline. Pertama layanan bidang pariwisata dengan nomor 0823 8741 8181 dan bidang layanan publik (SMS, WA dan telegram satu arah) dengan nomor 0821 75 333 444.

Setiap anggota masyarakat dapat menggunakan nomor ter­sebut untuk setiap pengaduan dengan komunikasi yang bersifat satu arah. Sehingga masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini harus melampirkan informasi yang lengkap terkait informasi yang diberikan.

“Informasinya harus ada te­ma aduan, lokasi, kapan waktu­nya, mengapa, bagaimana, dan siapa serta alamat subjek yang di­info­kan. Apabila tidak melam­pirkan sesuai permintaan ini maka akan diabaikan,” tulis Gubernur.

Mendapat Apresiasi

Dibukanya laman pengaduan masyarakat berbasis SMS ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Menurut mereka ini me­nunjukkan bahwa Pemprov Su­m­bar bersikap terbuka dan tidak anti kritik.

Salah satunya datang dari Ketua Asita Sumbar Ian Ha­nafiah. Dikatakannya, dengan dibukanya laman pengaduan tersebut merupakan langkah positif dari Pemprov Sumbar untuk menerima masukan dan kritikan dari masyarakat.

“Namun, tentu kita berharap jangan hanya dibuka tanpa follow up. Jadi, percuma nantinya ma­sya­rakat memberikan saran, ide, kritikan tapi tidak ditindak lan­juti,” katanya.

Dengan dibukanya laman ini kata Ian, juga memberikan citra positif kepada masyarakat bahwa Pemprov Sumbar terbuka ke­pada masyarakat.

“Dan masyarakat pun akan merasa dilibatkan dalam mem­bangun Sumbar,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Anggota DPRD Sumbar Apris. Menurutnya dengan dibukanya laman pengaduan seperti ini merupakan sebuah bentuk ino­vasi dari  pelayanan kepada masyarakat. “Biasanya kan de­ngan kotak saran, namun itu terbatas dengan ruang dan juga waktu. Kalau melalui SMS tentu akan lebihmudah,”katanya ke­pa­da Haluan Jumat, (13/5) malam.

Ia juga berharap SKPD lain di Pemprov terutama bidang pelayanan agar melakukan hal yang sama. “Seperti halnya UPTD Samsat, Rumah Sakit (RS), dan bidang lainnya,”tandas Apris. (h/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]