Partai Beringin Karya Resmi Deklarasikan Diri


Sabtu, 14 Mei 2016 - 04:54:11 WIB
Partai Beringin Karya Resmi Deklarasikan Diri

JAKARTA, HALUAN — Jelang di­gelarnya Musyawarah Na­sio­nal Luar Biasa (Munaslub) Par­tai Golkar, sebuah partai ba­ru bernama Partai Beringin Kar­ya (Berkarya), tiba-tiba muncul. Partai yang sekilas mi­rip de­ngan Golkar ini, di­di­rikan oleh 120 warga negara In­donesia (WNI) yang merasa pri­hatin dengan kondisi bang­sa.

Meski nyaris serupa, na­mun Partai Berkarya mem­ban­tah jika partainya meru­pakan sem­palan dari Partai Golkar. Pasalnya, partai terse­but di­dirikan untuk menjawab tun­tutan dan kebutuhan ber­sa­ma akan kehidupan politik di In­donesia yang lebih demo­kra­tis, bersahabat, dan ber­mar­tabat.

Baca Juga : Penegasan Mahfud MD, Revisi UU ITE Bisa Dilakukan

“Kami bukan partai sem­palan. Kami anak-anak pe­juang, makanya membentuk partai ini,” kata Ketua Umum Partai Beringin Karya Mayjen TNI (pur) Syamsu Djalal saat konferensi pers di Ja­karta, Jumat (13/5).

Dia menegaskan Par­tai Berkarya bukanlah partai sekoci. Menurut Syamsu, kehadiran partai itu di jagad perpolitikan Tanah Air merupakan manifestasi dari kekua­tan kekaryaan yang telah terkonsolidasikan de­ngan baik.

Baca Juga : Polisi Dapat Hibah Tesla dari IMI, Bamsoet: Cocok, Indonesia Tidak Boleh Ketinggalan

Namun hal itu tidak ter­wadahi secara arif dan bijak sebagai akses dari sebuah kon­flik tanpa resolusi yang ter­struktur, masif, dan kom­pre­hensif. Namun dia menampik jika kader Partai Berkarya adalah pihak-pihak yang kece­wa dengan Golkar. “Tidak ada hubungan apa-apa,” ujarnya.

Pada 10 Mei lalu, partai yang berasaskan Pancasila dan UUD Negara RI 1945 ini telah terdaftar di Kementerian Hu­kum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Baca Juga : KBM Tatap Muka Dimulai Juli, Wakil Ketua DPD RI: Pemerintah Jangan Gegabah

Seperti diberitakan sebe­lum­­nya, Jumat (13/5) Partai Berkarya resmi men­de­kla­rasikan diriýnya. Partai ter­sebut memiliki kemiripan dengan Golkar, baik dari lam­bang partai berupa Pohon Be­ringin dan almamaternya yang berwarna kuning. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]