Varietas Kartika 1-82 Mampu Tingkatkan Produksi Padi


Sabtu, 14 Mei 2016 - 05:09:18 WIB
Varietas Kartika 1-82 Mampu Tingkatkan Produksi Padi Dandim 0306 Limapuluh Kota, Letkol Heri Sumitri, Dan Ramil Luak Kapten SZI Suwarno dan Kepala BP4K Deswan Putra panen padi di Lakuak Dama, Kamis lalu.

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Melalui padi Kartika 1-82 diharapkan hasil produksi padi di Kabupaten Limapuluh Kota terus meningkat setiap tahunnya. Varietas Kartika 1-82 dinilai panennya lebih cepat hanya dalam waktu kurang dari 100 hari.

“Hasil panen padi di Lakuak Dama itu saja, ter­nyata mencapai 7.8 ton per hektare, “ungkap Dandim 0306/50 Kota, Letnan Ko­lonel Inf Heri Sumitro di­dampingi Danramil 04/Luak Kapten Czi Suwarno saat melaksanakan panen padi Kartika 1-82, di demplot Koramil 04/Luak, jorong Lakuak Damar, Nagari Tan­jung Aro, Sikabu kabu Pa­dang Panjang, Kecamatan Luak, Limapuluh Kota, Ka­mis (12/5).

Ditambahkannya, var­i­etas padi Kartika 1-82 ini juga masuk ke dalam ori­entasi pasar. Jadi, selain dapat di konsumsi petani, varietas yang dikembangkan tersebut, juga laku di pasar. Sementara itu, produksi gabahnya dinilai bermutu, dapat menjadi acuan bagi petani untuk musim tanam selanjutnya.

“Sehingga dapat mem­berikan berkah tersendiri kepada  seluruh masyarakat di wilayah Kodim 0306/ 50 kota khususnya di wilayah binaan Koramil 04/Luak,” jelasnya pada panen padi varietas Kartika 1-82 yang juga dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holti­cultura dan Perkebunan, diwakili Kasi Budidaya Ta­naman, Alan Eka Putra, Kepala BP4k, Ir.Deswan Putra,  Badan Penyuluh Kecamatan, Nurhidayati, para petani dan masyarakat sekitar.  

Dikatakannya, hasil dem­plot ternyata sangat menggembirakan setelah dikalkulasikan oleh badan penyuluh pertanian se­tem­pat. Hal ini seharusnya men­jadi contoh bagi para petani di daerah ini, supaya ke­depannya para petani da­pat  meningkatkan produksi gabah kering panen mereka yang diolah melalui tanam padi sawah.

“Petani jangan hanya puas dan berfokus terhadap produksi gabah yang m­e­limpah, tetapi juga perlu mempertahankan mutu ha­sil panen dimasa men­da­tang, supaya produktivitas hasil panen padi mampu mendukung program peme­rintah yaitu, terwujudnya  swasembada pangan tahun 2017,”ulas Dandim.

Seperti diketahui, MoU antara Panglma TNI dan Kementerian Pertanian, TNI  khususnya yang ber­dinas di Komando Teritorial (Kodim ) untuk me­laksa­nakan pendampingan terha­dap kelompok tani, secara bersama-sama bahu-mem­bahu turun ke sawah me­ngelola sawah, memperbaiki irigasi hingga ikut me­lan­carkan distribusi pupuk sam­pai ke petani dengan benar.

“Kita tinggal lagi bagai­mana cara mengelola dan memilih bibit yang baik untuk ditanam sampai tiba­nya musim panen. Kami akan terus mengevaluasi hasil-hasil yang baik ini agar kedepannya jauh lebih baik lagi. Kalau sekarang ini baru 1 hektare padi Kartika 1-82, pada musim tanam beri­kutnya diupayakan tanam pada lahan yang lebih luas.

Menurut Dandim, Ba­binsa dan Badan Penyuluh Pertanian, Peternakan, Pe­rikanan dan Kehutanan (BP­4K) Limapuluh Kota akan selalu aktif dan beker­jasama untuk meng­koor­dinasikan setiap kendala yang dihadapi petani. Apa­bila mereka tidak mampu menggulangi permasalahan yang muncul, agar mela­porkan ke komando atas, tegasnya. (h/zkf)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:12:26 WIB
    WAKO ALI YUSUF JALANI SIDANG

    Varietas Gadang Rumpun Kumbayau Bersertifikat Nasional

    Varietas Gadang Rumpun Kumbayau Bersertifikat Nasional Empat belas tahun men­jalani pemurnian, va­rietas padi lokal Ga­dang Rumpun Kumbayau Sa­wah­lunto, akhirnya men­da­patkan rekomendasi untuk dilepas dari Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) Tana­man Pangan, Badan B.
  • Ahad, 11 Oktober 2015 - 18:38:30 WIB

    Padi GR Jadi Bibit Unggul Varietas Lokal

    TERBUKTI TINGKATKAN HASIL PANEN

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Pengembangan benih bibit padi varietas lokal unggul yang diberi nama padi Gadang Rumpun (GR) oleh Pemerintah Kota Sawahlunto, telah dirasakan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM