Sekolah Unggul Mulai Terima Siswa Baru


Sabtu, 14 Mei 2016 - 05:21:23 WIB
Sekolah Unggul Mulai Terima Siswa Baru

PAYAKUMBUH, HALUAN — Memasuki tahun ajaran baru 2016/2017 mendatang, sejumlah sekolah unggul di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota sudah memulai untuk rekrut siswa baru.

Rekrut siswa baru ter­se­but, meliputi dua tahapan. Yak­­ni melalui jalur prestasi (ung­gul) dan jalur reguler. Se­­­per­ti yang dilakukan oleh SMAN 1 Pa­yakumbuh, SMAN 5 Payakumbuh, SMAN 1 Ha­rau dan SMAN 2 Ha­rau.  Dikatakan Kepala SMAN 1 Payakumbuh, un­tuk tahun ajaran men­da­tang, se­tidaknya sekolah tersebut akan merekrut sebanyak 320 siswa baru untuk 10 kelas.

Baca Juga : Musrenbang Musti Prioritaskan Ekonomi Produktif

“Kapasitas kita hanya 10 kelas atau sebanyak 320 siswa. 15 persen dari total keseluruhan penerimaan siswa baru itu merupakan kelas unggul melalui jalur prestasi,”terang Delfizal Kepala SMAN 1 Pa­ya­kum­buh.

Diterangkannya, untuk kelas unggul sudah dila­kukan penerimaan siswa baru semenjak Maret lalu. Yakni melalui lomba-lom­ba akademi yang digelar sekolah.

Baca Juga : Tim Survey Geopark Unand Sebut Warisan Geologi Taman Bumi Sumbar Sangat Tinggi

“Siswa unggul su­dah ada sebanyak 48 orang atau sebanyak 2 kelas. Ting­­gal lagi penerimaan siswa me­lalui jalur regu­ler,” ucap­nya.

Untuk reguler tersebut, terangnya, akan dilakukan pada Juni mendatang. Ke­tika ditanya, berapa nilai minimum untuk bisa masuk ke sekolah bekas RSBI tersebut, Delfizal men­je­las­kan, berdasarkan pe­nga­laman pada penerimaan tahun lalu yakni minimal siswa yang diterima me­miliki nilai rata-rata di atas angka 7,8.

Baca Juga : PKL di Solsel Ditertibkan, Melanggar Bakal Disanksi Sesuai Peraturan Daerah

“Kalau tahun lalu, batas minimal angka rata-rata yakni diatas 7,8,”terangnya lagi. Lain halnya di SMAN 5 Payakumbuh, sekolah dengan boarding school tersebut akan memulai pe­nerimaan siswa baru pada 16 Mei mendatang.

“Jalur prestasi untuk kelas unggul dan regular dimulai pada pertengahan Mei ini,”ucap Resnulius Kepala SMAN 5 Pa­ya­kum­buh. Dikatakannya, un­tuk boarding school se­kaligus kelas unggul, jumlah pe­nerimaan tidak jauh beda de­ngan SMAN 1 Paya­kum­buh. Yakni sebanyak 2 kelas. “Ada 50 siswa unggul de­ngan jumlah hanya dua kelas yang akan kita te­ri­ma,” terangnya lagi.

Baca Juga : Resmi Jadi Gubernur-Wagub Sumbar 2021-2024, Ini yang akan Dilakukan Mahyeldi-Audy Usai Dilantik Presiden

Sedangkan untuk kelas reguler jumlah penerimaan hanya sebanyak 4 kelas. “Satu kelas sebanyak 32 orang. Ada 4 kelas untuk regular. Jadi total p­e­ne­rimaan siswa baru hanya sebanyak 6 kelas di SMAN 5 Payakumbuh,”ucapnya.

Di Kabupaten Lima­puluh Kota, sekolah yang ter­go­long unggul, yakni SMAN 1 Harau hanya menerima 9 kelas untuk siswa baru.

Dua di antaranya me­rupakan untuk kelas unggul. “Seleksi siswa unggul masih be­r­langsung hingga be­be­rapa hari kedepan,”ucap Afrizal Kepala SMAN 1 Harau.

Dika­takannya, se­lek­si kelas unggul yang di­lakukan yakni melalui lom­ba berbagai mata pelajaran SMP.

“Mereka yang juara, lang­sung diterima,”ucapnya. Se­kolah yang berada di pusat ibukota Kabupaten Lima­puluh Kota itu, selama ini menjadi salah satu sekolah incaran bari siswa baru di Kabupaten Limapuluh Kota. Tak hanya dari Kecamatan Harau saja, melainkan ha­mpir dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Bahkan ada yang dari daerah tetangga bahkan dari Riau dan Jambi yang men­daftar disini,” tukuknya. Berbeda dengan pe­ne­ri­maan siswa baru di SMAN 2 Harau. Satu-sa­tunya seko­lah 100 persen berstatus unggul di Limapuluh Kota itu hanya menerima siswa berprestasi saja.

“Yang terdaftar di sini hanya anak-anak juara. Yak­ni dari rangking 1 sampai 10 waktu di SMP,”ucap Leli Hanafi Kepala SMAN 2 Harau.

Penerimaan siswa baru di SMAN 2 Harau tidak terlalu banyak seperti di sekolah-sekolah lainnya. Hanya sebanyak 75 siswa untuk tiga kelas.

“Kita hanya menerima sebanyak 75 siswa, itupun adalah anak-anak juara . Ini sesuai dengan konsep SMAN 2 Harau sebagai sekolah unggul,”ucap Leli. Penerimaannya pun sudah dilakukan jauh-jauh hari untuk kelas prestasi. “Pe­nerimaan melalui prestasi sebanyak 15 siswa dan si­sanya dilakukan secara re­gular. 15 siswa baru ini ad­a­lah mereka benar-benar anak pintar dan juara waktu di SMP,”katanya.

Sisanya, sebanyak 60 siswa lainnya dilakukan pe­nerimaan melalui seleksi untuk juara 10 besar waktu di SMP.

Diakuai Lely, se­menjak berdirinya SMAN 2 Harau pada 2013 lalu, pe­minat sis­wa baru ke SMAN 2 Harau sangat tinggi. Bah­kan, jumlah siswa yang men­daftar sudah jauh melebihi dari kapasitas sekolah. (h/ddg)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]