Pertanian Dibantu APBN Rp1,12 Miliar


Senin, 16 Mei 2016 - 04:17:33 WIB
Pertanian Dibantu APBN Rp1,12 Miliar

PADANG PANJANG, HALUAN — Kementerian Pertanian kembali mengalokasikan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 sebesar Rp1,12 miliar untuk bantuan penunjang tanaman  holtikultura di Kota Padang Panjang.

Kepala Dinas Pertanian Padang Panjang Ade Navita Anas saat ditemui di kantor Dinas Pertanian di Kelu­rahan Ngalau Kecamatan Padang Panjang Timur, Ju­m­at (13/5) kemarin menga­takan,bantuan itu diberikan kepada sejumlah kelompok tani yang memiliki lahan sekitar 40 hektare.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

Ade menyebutkan, satu hektare lahan pertanian men­dapatkan bantuan sebe­sar Rp.28 juta yang nantinya dipergunakan untuk mem­beli bibit Cabe dan biaya peme­liharaannya.

“Bantuan berupa ba­rang, mulai dari bibit, pupuk dan sejumlah keperluan pertanian Hortikultura se­perti Cabai,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Bantuan itu, katanya, akan disalurkan kepada petani dalam waktu dekat ini. “Ban­tuan itu juga meru­pakan ben­tuk perhatian pemerintah terhadap petani yang memiliki tanaman Hor­tikultura,” kata­nya.

Ade berharap dengan ada­nya bantuan yang dibe­rikan oleh pemerintah pusat itu bisa dimanfaatkan oleh petani Padang Panjang de­ngan mak­simal. “Harapan kami hasil panen dari tana­man horti­kultura seperti cabai itu nan­tinya, bisa lebih meningkat di Padang Pan­jang ini dengan adanya ban­tuan itu,” harap Ade.

Baca Juga : Mengenal M. Irfan Monaf dan Rihhadatul Aisya Yube, Pemenang Duta GenRe Solsel 2021

Padang Panjang sendiri memiliki lahan pertanian seluas 600 hektare lebih. Se­ba­gian besar masyarakat se­tem­pat memanfaatkannya dengan tanaman pangan se­perti padi.

Meskipun lahan perta­nian untuk tanaman hor­tikultura hanya sebagian kecil, namun Pemko Padang Panjang mela­lui Dinas Per­tanian optimistis bisa me­ningkatkan hasil pa­nen hor­tikultura.(h/mg-pis)

Baca Juga : Ratusan Personel Koramil di Pasbar Disuntik Vaksin Covid-19

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]