Padang Panjang Berpeluang Tuan Rumah TdS


Senin, 16 Mei 2016 - 04:18:16 WIB
Padang Panjang Berpeluang Tuan Rumah TdS Peserta Tour de Singkarak (TdS) 2015 memasuki Gerbang Kota Padang Panjang. (APIZ JACKSON)

PADANG PANJANG, HALUAN — Untuk penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) 2016 mendatang, Kota Padang Pan­jang kembali berpeluang men­jadi salah satu tuan rumah penyelenggara ajang balap sepeda internasional itu, setelah tim dari pusat meninjau kondisi lintasan yang akan dilalui peba­lap.

Kepala Dinas Pemuda Olah­raga Budaya dan Pari­wisata (Porbudpar) Kota Pa­dang Panjang Sri Syawitri ketika ditemui mengatakan, berdasar­kan hasil survey dari Kemen­trian Pariwisata bersama Union Cycliste Internationale (UCI) dan Pemprov Sumbar, Kota Padang Panjang dinyatakan layak untuk menjadi penyeleng­gara salah satu etape TdS.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Sri menyebutkan, Tim itu meninjau lintasan sepanjang sekitar 15 kilometer di dalam Kota Padang Panjang, sebelum sprint menuju finish di Kabu­paten Agam. Direncanakan, Padang Panjang akan menjadi tuan rumah etape empat yang akan berlangsung 9 Agustus 2016. “Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pelak­sana­an­nya nantinya,” ujarnya.

Sebagai salah satu lokasi start, Padang Panjang akan mempersiapkan segala sesu­atunya, mulai dari penyam­butan atlet, hingga pelaksanaan start yang di rencanakan di Jalan Sudirman depan markas Secata B Rindam I Bukit Bari­san. “Kami juga menyiapkan penginapan sebanyak 200 ka­mar bagi pebalap dan official untuk akomodasi. Dan kita juga mengharapkan dukungan ma­syarakat yang ada di Padang Panjang agar bisa menyuk­seskan event tahunan itu,” pungkas Sri

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Menurut Sri Syahwitri, TdS itu sangat positif diselengga­rakan setiap tahunnya, karena melalui ajang itu banyak man­faat yang diperoleh, di samping akan meng­genjot perekono­mian masyarakat juga sebagai sarana untuk mem­promosikan pariwisata Padang Panjang kepada masya­rakat Inter­na­sional.

“Karena event ini juga dili­put oleh berbagai media cetak dan elektronik dalam dan luar negeri, kami juga berharap pebalap bisa mempromosikan Padang Panjang di tempat asal mereka masing-masing,” ujar­nya.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Untuk pembiayaan, Pemkot Padang Panjang melalui Dinas Porbudpar mengalokasikan dana sebesar Rp800 juta untuk pelaksanaan event TdS 2016. “Dana tersebut sudah disahkan Pemkot Padang Panjang dan legislatif di APBD 2016,” jelas Sri Syahwitri.

Dia menambahkan, angga­ran tersebut akan dipergunakan untuk segala keperluan sarana dan prasarana pada pelaksa­naan event Internasional terse­but. “Ada banyak item, mulai dari pengamanan, konsumsi hingga sarana dan prasarana yang ikut menunjang pelaksa­naan event balap sepeda inter­nasional tersebut,” tutupnya.

Baca Juga : Walinagari Mengalihkan Bantuan untuk Siswa Korban Banjir Solsel, Kepsek: Kami Tidak Tahu

Sementara, Salah seorang warga Padang Panjang, Lisa kartika menyambut baik event Internasional itu bisa men­jadikan Padang Panjang sebagai salah satu tuan rumah sebagai lokasi start.

“Ini merupakan kesem­pa­tan bagi masyarakat dalam mempromosikan produk asli Padang Panjang ke dunia Inter­nasional, sehingga bisa menam­bah tingkat kunjungan wisata­wan,” katanya. (h/mg-pis)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]