BI Sosialisasikan Pembayaran Nontunai di Bus Trans Padang


Senin, 16 Mei 2016 - 04:31:59 WIB
BI Sosialisasikan Pembayaran Nontunai di Bus Trans Padang BI sosialisasikan pembayaran nontunai di Bus Trans Padang kepada penumpang umum, Sabtu (14/5). (WINDA)

PADANG, HALUAN — Walikota Padang, Mahyeldi mencanangkan Kota Padang menjadi ‘Smart City’ pada 30 Mei 2015 melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama PT. Telkom dalam perkembangan layanan teknologi informasi (TI).

Menjadi keharusan bagi Pemko Padang di tengah TI menerapkan ‘Smart City’ da­lam penyelenggaraan peme­rintah sehingga memudahkan pelaksanaan pembangunan, penataan administrasi yang terintegrasi, serta mewu­jud­kan Padang menjadi kota cerdas, penuh inovasi dan menggunakan teknologi da­lam banyak hal. 

Baca Juga : PLN Sumbar 100% Siap Implementasikan Outage Management (OM)

Dalam menjawab tan­ta­ngan ke depan dan sejalan dengan pencanangan ‘Smart City Kota Padang’, pada 14 Agustus 2014 di Jakarta, Gu­bernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo menca­nangkan “Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)”. Pen­canangan ini ditandai dengan penandatanganan nota kese­pahaman antara Bank Indo­nesia dan Kementerian Ko­ordi­nator Bidang Pereko­no­mian, Kementerian Ke­ua­ngan, Pemerintah Daerah, serta Asosiasi Pemerintahan Provinsi.

Salah satu keberhasilan BI Sumbar mempromosikan GN­NT di Kota Padang adalah memfasilitasi pembayaran tiket Trans Padang meng­gunakan uang elektronik. Pada Jumat, (11/3), dilun­cur­kan pembayaran tiket secara nontunai di bus Trans Padang. Kemudian, pada Sabtu (14/5) dilanjutkan dengan menyo­sia­lisasi dan mengedukasi ma­syarakat umum pengguna Trans Padang bersama dengan BRI Kanwil Padang dan Ko­mu­nitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia, yang terga­bung dalam Generasi Baru Indonesia (GEnBI). Sosia­lisasi tersebut dilakukan di dalam bus Trans Padang de­ngan mengambil rute Halte Lapangan Imam Bonjol hing­ga Halte Batas Kota (pergi- pulang).

Baca Juga : Tak Cuma Mobil Baru Bebas Pajak, Beli Rumah Kini juga Bebas PPN

“Padang pantas berbangga karena telah memulai sebuah sistem yang dapat mendukung implementasi program Pa­dang sebagai Smart City. Salah satunya sosialisasi peng­gunaan kartu pembayaran secara non tunai. Tak perlu pakai uang tunai lagi, oto­matis saldo kita terpotong sendiri,” ujar Kepala BI Sum­bar, Puji Atmoko.

Ia menjelaskan, konsep “Smart City” itu berkembang bersamaan dengan masuknya era digital dalam kehidupan manusia. Selain itu, hal yang paling mendasar dalam pelak­sanaan Smart City yakni TI. Masyarakat diharapkan tak lagi gagap teknologi. 

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Kapal Mati Mesin dan 4 Nelayan dengan Selamat

“Kehidupan sudah me­nga­cu kepada penggunaan perangkat TI dan peman­faatan teknologi masa kini sangat dititikberatkan guna meningkatkan pelayanan ke­pa­da masyarakat Padang,” ulasnya.

Ia melanjutkan, pemba­ya­ran elektronik adalah pem­bayaran yang dilaksanakan secara elektronik. Di dalam pembayaran elektronik uang disimpan, diproses dan dite­rima dalam bentuk informasi digital serta proses pemin­da­hannya melalui alat pem­bayaran elektronik. Suatu upaya untuk mengubah tran­saksi masyarakat yang semula dilakukan secara manual men­jadi elektronik, dari meto­de pembayaran secara tunai menjadi nontunai, serta pela­ku transaksi keuangan yang sebelumnya bersifat eksklusif menjadi inklusif.  

Baca Juga : Awal Maret 2021, Harga Bawang Putih dan Merah Turun di Pasar Raya Padang

“Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seluruh pihak terkait, terutama Dis­hub Kota Padang dan BRI Kanwil Padang yang telah bekerja sama dalam mem­berikan kemudahan dan ke­ama­nan dalam pembayaran ti­ket di moda transportasi Trans Padang menggunakan uang elektronik. Kantor Per­wakilan BI Sumbar akan terus selalu berupaya memperluas infor­masi tentang kegiatan tran­saksi nontunai,” pa­parnya.

Ia menambahkan, ke de­pan masyarakat Kota Padang diharapkan dapat terus men­dukung penerapan progam ini melalui peningkatan transaksi secara nontunai pada seluruh aspek perekonomian. (h/win)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]