Pilkada Mentawai 2017

KPU Ajukan Penambahan Anggaran


Senin, 16 Mei 2016 - 04:49:23 WIB
KPU Ajukan Penambahan Anggaran

MENTAWAI, HALUAN —Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Men­tawai, mengajukan penam­bahan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 sebesar Rp6 miliar.

“Sebelumnya kami menga­jukan anggaran sebesar Rp20 miliar, namun pada prosesnya mendapatkan alokasi sebesar Rp10 miliar. Kami menilai anggaran tersebut tidak cukup dan akan diajukan penam­bahan anggaran sebesar Rp6 miliar,” kata Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lau­rensius di Tuapejat.

Baca Juga : Keluarga Pejuang Kelistrikan Korban Covid-19 Terima Beasiswa dari PLN

Ia menjelaskan, pe­nam­ba­han anggaran tersebut diajukan lewat APBD perubahan 2016 yang diperuntukkan untuk distribusi surat suara, pem­bentukan kelompok kerja serta proses Pilkada lainnya.

Lebih lanjut, ia menam­bah­kan, kondisi geografis Kabu­paten Mentawai yang terbagi dalam empat pulau besar, serta sebaran masyarakat pemilih yang terdapat di pedalaman membutuhkan anggaran yang cukup banyak da­lam hal pen­distri­busian surat su­ara. “Ter­masuk juga dalam hal sosialisasi Pi­l­ka­da Mentawai,” se­butnya seperti di­lansir antara.

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

Ia berharap, anggaran tersebut dapat terealisasi sering dengan ta­hapan Pilkada ya­ng sudah dimulai dalam bulan ini. Ia menjelaskan, dengan ke­luar­nya PKPU No 3 tahun 2016 hasil revisi PKPU No 02 tahun 2015, maka KPU Mentawai akan melakukan tahapan awal Pilkada Men­tawai pada 22 Mei tahun ini.

Semua tahapan Pilkada Mentawai semuanya akan me­ngacu pada PKPU No 3 tahun 2016, termasuk proses pen­daftaran peserta, baik itu yang diusung Partai Politik (Parpol) maupun calon yang maju lewat jalur perseorangan.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

Ia menerangkan, untuk perekrutan dan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Ke­ca­ma­tan (PPK) serta Ke­lom­­pok Pen­ye­len­g­gara Pe­mun­g­utan Suara (KPPS) akan dilakukan pada Juni dan Juli 2016.

Laurensius me­ngung­kapkan, un­tuk penyusunan daftar pemilih hasil pe­mu­takhiran akan dilakukan pada medio 8 Oktober sampai 21 Oktober 2016, sementara re­ka­pitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat ke­ca­ma­tan dan penyampaian kepada KPU dilaksanakan pada 25 sampai 26 Oktober 2016.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

Komisioner KPU Provinsi Sumbar Bidang Teknis, Mufti Syarfi menyebutkan, idealnya biaya yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan Pilkada di Mentawai yakni sebesar Rp18 miliar. “Kondisi geografis Mentawai berbeda dengan daerah lain, anggaran sebesar itu kami rasa cukup untuk penyelenggaraan Pilkada Me­n­tawai,” katanya. (h/yan)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]