Haluan Goes To School

1.000 Penulis 1.000 Pemimpin ‘Guncang’ Batusangkar


Senin, 16 Mei 2016 - 04:51:06 WIB
1.000 Penulis 1.000 Pemimpin ‘Guncang’ Batusangkar Tim Haluan Goes To School foto bersama dengan peserta pelatihan jurnalistik bertemakan 1.000 Penulis 1.000 Pemimpin di Batusangkar, Sabtu (14/5). Pelatihan ini merupakan kali kedua dilaksanakan setelah sebelumnya diadakan di Solok Selatan. (RINA AKMAL)

TANAH DATAR, HA­LUAN — Harian Umum Ha­luan sukses me­nggelar kegiatan Haluan Goes To Sc­hool bertema 1.000 Penulis 1.000 Pe­mim­pin di Batusangkar, Sabtu (14/5).

Tanah Datar merupakan lokasi kedua yang dipilih dalam penye­leng­garaan kegiatan ini, setelah sebe­lum­nya dilak­sa­nakan di Kabu­paten Solok Selatan. Kegiatan yang dibuka Ke­pala Dinas Pendidikan Kabu­­paten Tanah Datar, Indra Kesuma ini di­ikuti oleh 100 siswa dan 25 orang guru ting­kat sekolah menengah atas.

Baca Juga : Wujud Sinergi Membangun Negeri, TMMD ke-110 Dibuka dengan Tabuhan Gong

Lima orang pemateri dari Haluan memberikan ilmu jurnalistiknya diantaranya disampaikan Pemimpin Peru­sahaan David Ramadian, Kepala Litbang Rudi Antono, Redaktur Pelaksana Rakh­matul Akbar, Manager Ha­luan Goes To School yang juga Redaktur Pendidikan, Rahmadhani dan Redaktur Ekonomi dan Bisnis Harian Haluan Holy Adib.

Kadis Pendidikan Tanah Datar, Indra Kesuma saat pembukaan Haluan Goes To School di hadapan para guru dan siswa dari tujuh sekolah tingkat SMA itu mengatakan bahwa program tersebut akan sangat bermanfaat bagi para siswa dan guru, karena dunia kerja saat ini sangat mem­butuhkan seorang yang me­miliki keahlian dalam ber­komunikasi dan menulis.

Baca Juga : Dihadiri 12 Anggota Legislator, Bupati Terpilih Dharmasraya Sampaikan Pidato Politik

“Di dunia kerja saat ini, kemampuan berkomunikasi merupakan syarat yang paling utama dinilai. Dari 20 item persyaratan yang dikehen­daki, kemampuan berkomu­nikasi ini menempatkan nilai sebesar 4,69 yang lebih besar dari nilai kemampuan lain­nya. Apa yang diberikan Ha­luan kepada siswa dan guru saat ini sangat identik dengan kebutuhan dunia kerja terse­but. Mari kita doakan semoga Haluan ini semakin maju berkembang, semakin dimi­na­ti pembaca dan dicintai mas­yarakat,” sebut Indra Ke­suma yang sudah delapan ta­hun menjabat sebagai Kadis itu.

Menurutnya, setelah pe­la­­tihan menulis dalam ke­gia­tan Haluan Goes To Sc­hool ini, diharapkan ke de­pan ada tindaklanjutnya se­hing­ga tuli­san para siswa dan guru dapat ditampilkan di Haluan. Serta program ter­se­but berlanjut pada tahun berikutnya karena ilmu jur­nalistik cukup dimi­na­ti oleh para siswa dan guru.

Baca Juga : Ketua Komisi V DPR RI Asal Sumbar, Athari Gauthi Ardi Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi

“Kami berterimakasih kepada Haluan yang telah menggelar agenda ini dan Tanah Datar mendapatkan kehormatan menjadi penye­lenggara yang kedua setelah Kabupaten Solok Selatan, yang diciptakan Haluan Goes To School ini akan sangat bermanfaat dan memberikan inspirasi positif,” sebutnya.

Sementara, Kepala Seko­lah SMA Muhammadiyah Batusangkar, Oriza Sativa Moenir selaku tuan rumah penyelenggaraan Haluan Goes To School juga menye­butkan, pelatihan yang digelar tersebut akan memicu minat cinta para siswa dan guru terhadap menulis. Selain itu dengan dilaksanakannya pela­tihan jurnalistik tersebut juga akan berdampak positif terha­dap perkembangan kemam­puan siswa khususnya di bi­dang menulis.

Baca Juga : Perubahan Pola Angin Sebabkan Penurunan Kualitas Udara di Sumbar

“Kita harapkan dengan digelarnya pelatihan ini akan dapat mencetak penulis yang kreatif yang mampu men­ciptakan karya-karya yang bermanfaat untuk dirinya maupun lembaga ditempat ia bernaung,” harap Oriza.

Haluan Goes To School di Batusangkar, diikuti oleh tujuh sekolah diantaranya SMA Mu­ham­madiyah, SMAN 1 Batusangkar, SMAN 2 Batu­sangkar, SMAN 1 Sa­lim­pauang, SMKN 1 Batu­sangkar, SMKN 2 Batu­sang­kar dan MAN 2 Batusangkar, masing-masing sekolah me­ngu­tus 10 orang siswa dan dua hingga empat orang guru. Namun SMA Muhamma­di­yah sebagai tempat diseleng­garakannya agenda itu, men­dapatkan prioritas yaitu me­ngikutsertakan 52 orang siswa dan 10 orang guru.

Pada sesi simulasi menu­lis yang dibawakan langusng oleh Manager Haluan Goes To School, Rahmadhani siswa diminta untuk melakukan latihan wawancara dan lang­sung menulis. Masing-masing siswa mewawancarai salah seorang temannya yang diberi materi tentang menulis profil temannya dan lingkungan tem­pat tinggal. Dari hasil itu Rahmadhani mengapresiasi tulisan beberapa orang siswa dan berhasil menjadi tulisan terbaik pertama yaitu Intan Putri Dinati dari SMAN 2 Batusangkar, memperoleh ter­baik dua yaitu Mariska Akmal dari SMAN 1 Batu­sangkar  dan terbaik tiga diraih oleh siswa SMA Mu­hammadiyah atas nama Wah­yu Rinaldi Cha­n­dra, masing-masing pemenang menda­patkan bonus dari panitia penyelenggara.

Setelah Tanah Datar suk­ses menggelar agenda yang bertema 1.000 penulis 1.000 pemimpin tersebut, lalu pada tanggal 28 Mei mendatang akan digelar di Kabupaten Padang Pariaman, berikutnya pada tanggal 4 Juni Dhar­masraya akan didaulat seba­gai penyelenggara keempat dan direncanakan akan ber­akhir pada Desember 2016 di Kota Padang. (h/fma)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]