Ketua PWI Dharmasraya Mengajak Wartawan Ikut UKW


Senin, 16 Mei 2016 - 04:52:26 WIB
Ketua PWI Dharmasraya Mengajak  Wartawan Ikut UKW

DHARMASRAYA, HA­LUAN —  Adanya per­nya­ta­an Ketua PWI Kabupaten Dharmasraya, Maryadi,SE, dalam acara pelatihan dasar jurnalistik beberapa hari lalu yang diekspos oleh beberapa media, tentang perlunya wartawan Uji Kom­petensi Wartawan (UKW) yang di­muat di be­berapa media, Rabu (11/5), membuat seba­hagian war­tawan yang belum UKW kebakaran jenggot dan me­radang.

Buktinya, muncul di salah satu akunfacebook yang mempertanyakan state­men Ketua PWI tersebut yang dianggap memar­gi­nalkan wartawan yang be­lum UKW. Bukan itu saja, beberapa akunfacebook me­maki dan menghina sam­pai kepada pribadi Ketua PWI Maryadi dan salah seo­rang wartawan Singgalang bernama Yasrizal.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 647 Kasus

Beberapa oknum warta­wan yang belum UKW ter­sebut menafsirkan macam macam atas pernyataan Ke­tua PWI Kabupaten Dharmasraya, Maryadi di akunfacebook.

Menurut Ketua PWI Ka­bupaten Dharmasraya, Maryadi,SE, yang ditanya wartawan terkait berbagai komentar oknum oknum di akunfacebook tersebut me­ngatakan, dalam pernya­taannya sewaktu mem­beri­kan pelatihan dasar jur­nalistik pada Selasa (10/5) lalu, di Aula Dinas Pen­didikan, dalam rangka HPN tahun 2016, tidak ada per­nah bermaksud untuk memarginalkan wartawan yang belum UKW.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 22 Orang dan Sembuh 30 Kasus

Namun katanya, ia sifat­nya mengajak, karena ia sebagai Ketua PWI Kabu­paten Dharmasraya yang merupakan perpanjangan tangan PWI Provinsi, meru­pakan tugasnya untuk me­nyampaikan hal itu sebelum keluar aturan dari Dewan Pers.”Kalau aturan sudah keluar tidak perlu sosialisasi lagi,”katanya.

Ia megatakan, untuk mensosialisasikan bahwa pentingnya wartawan UKW, sudah dimulai sejak bebe­rapa tahun lalu, misalnya saja katanya, sewaktu ia dilantik oleh Ketua PWI Sumbar Ir.H.Basril Basyar, tahun 2012 lalu, dalam sambutannya ia juga me­nyampaikan hal yang sama dan bahkan Ketua PWI Sumbar mengeluarkan kar­tu UKW nya dan men­jelaskan kepada yang hadir pada malam itu.

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Jadi kata Ketua PWI Kabupaten Dharmasraya dua periode ini, kalau ma­rah, tentu semua wartawan yang belum UKW akan marah, tetapi apa yang ia sampaikan sifatnya meng­himbau atau mengajak, begi­tu pula dalam pemberitaan tidak satupun nama yang disebutkan.”Kenapa harus marah, orang mengajak ke arah yang lebih baik dan maju tidak perlu marah,” tegas Maryadi lagi.

Ia sangat menyesalkan, dalam komentar akun face­book sampai sampai meng­hina dan memaki pribadi orang, padahal ia menyam­paikan hal itu adalah sebagai Ketua PWI dan bukan seba­gai pribadi.”Tidak ada hak saya menyampaikan ajakan untuk UKW sebagai pri­badi, tetapi karena saya Ketua PWI merupakan sua­tu kewajiban untuk me­nyampaikan dan mengajak wartawan ke arah yang pro­fesional,”tutupnya. (*)

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]