Marak Saat Ramadan

Warga Jangan Beri Anjal Uang


Senin, 16 Mei 2016 - 04:55:24 WIB
Warga Jangan Beri Anjal Uang Seorang anak jalanan sedang menggendong adiknya dengan kain. Jekang Ramadan, anjal dan pengemis dipastikan makin banyak. Dinsos mengimbau warga tidak sembarangan memberikan uang karena akan semakin membuat mereka enak hidup di jalanan.

PADANG, HALUAN — Pada Bulan Ramadan, biasanya  anak jalanan (anjal ) dan gepeng semakin menjamur. Dinas Sosial meminta warga agar jangan memberikan uang pada mereka.

Kabid Pelayanan dan Re­habilitasi Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja Padang, Miral Masri Dt. Bandaro menga­takan anjal dan gepeng yang selalu memadati Kota Pa­dang pada bulan Ramadan, mayoritas berasal dari luar daerah.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

“Biasanya mereka yang datang itu wajah-wajah lama dan berasal dari Luar Kota Padang. Jika kita lakukan razia, pasti itu-itu juga orang­nya,” kata Miral Masri ke­pada Haluan di Padang, ke­marin.

Ia juga mengatakan feno­mena ini sering terjadi tiap tahunnya. Sebab, mereka memilih Kota Padang, karena kota ini telah termasuk kota besar.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

“Fenomena ini tidak per­nah habis-habisnya. Kita akan tetap menertibkan mereka dijalanan dan memberikan pembinaan,” kata Miral.

Selain menertibkan para pengemis dan anjal tersebut, pihaknya akan melakukan pembinaan dan rehabilitasi terhadap mereka.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

“Seperti sepekan lalu, kami telah membina 20 anjal. Lalu kami kembalikan me­reka ke daerah masing-ma­sing setelah menguasai ke­terampilan,” ujar Miral.

Namun, upaya itu tidak membuat para pengemis dan anak jalanan jera. Sebab, mereka telah terlena dengan pendapatan mereka dari me­ngemis di jalanan.

Baca Juga : Sebanyak 5000 Orang di Kota Padang Telah Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

“Ini sangat susah dila­kukan. Setelah dibina dan dikembalikan ke daerah me­re­ka, nanti terjaring kem­bali,” katanya.

Untuk mencegah adanya para pengemis dan anak jala­nan ini, pihaknya akan ber­kordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang untuk mener­tibkan mereka yang berada di jalanan.

“Dalam waktu dekat kita akan merazia di setiap jala­nan Kota Padang. Mudah-mudahan dengan adanya pe­nertiban ini tidak ada lagi, mereka berada di jalanan,” katanya.

Selain itu, Miral meng­imbau kepada seluruh peng­guna jalan agar jangan mem­berikan bentuk sumbangan kepada mereka yang berada di jalanan.

Sebab, keberadaan me­reka sangat mengganggu kea­manan pengguna jalan, mau­pun mereka yang meminta-minta di tengah jalan.

“Kalau pengguna jalan tidak lagi merespon mereka, jadi tidak ada lagi pengemis dan anjal bertebaran di jala­nan. Mudah-mudahan ker­jasama ini bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (h/mg-ang)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]