NC Buka Festival Sastra


Senin, 16 Mei 2016 - 04:57:00 WIB
NC Buka Festival Sastra DI HADAPAN Kepala Perpustakaan Daerah Prov. Sumbar dan Komunitas Penulis, Sabtu (14/5), anggota DPD-RI Nofi Candra mengapresiasi kegiatan Fastifal Sastra Anak dan Remaja Sumatera Barat di padang.

PADANG, HALUAN — Pe­ra­daban besar manapun ya­ng ada di dunia selalu dito­pang oleh filsafat, sains, tekhnologi dan dipuncaki dengan seni dan sastra. Bah­kan, Kejayaan peradaban Islam bahkan demikian pu­la. Dunia Islam dikenali karena banyak kekayaan khazanahnya termasuk sas­tra­nya. Hal ini disampaikan anggota DPD RI Nofi Can­dra (NC) ketika membuka Fastifal Sastra Anak dan Remaja yang diikuti  Ko­mu­nitas Kreatif Indonesia (KKI) Forum Aktif Menulis (FAM), Forum Lingkar Pe­na (FLP) dan Komunitas Rumah Kayu, Sabtu (14/5) di Padang.

Pihaknya menyebutkan, Festival Sastra Anak dan Remaja Sumatera Barat yang digelar ini sebagai langkah meningkatkan ke­cin­ta­an dan minat baca pela­jar terhadap sastra,  anggota DPD-RI H. Nofi Candra sangat me­nga­pre­siasi ke­giatan yng dila­kukan oleh Badan Per­pus­ta­ka­an Daerah Sumatera Barat ini.” Inilah arti pe­n­tingnya sastra yang mesti diperkenalkan pada anak sejak usia dini,” sebutnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

Hal itu lebih karena mi­n­at baca dan kecintaan pe­lajar terhadap sastra saat ini masih relatif rendah.” Ke­giatan seperti ini menjadi semakin penting agar  per­pustakaan dapat menjadi pusat pencerdasan generasi muda,” ucap Nofi

Dihadapan Kepala Ba­dan Perpustakaan Propinsi Sumbar Alwis, senator mu­da yang juga anggota MPR itu menyebutkan, Sastra bukan­lah hal sepele. Remeh temeh. Sastra dapat ber­peran besar membangun karakter se­buah bangsa, jayanya pera­da­ban. Sastra tidak hanya bicara tentang keindahan bulan, ke­can­tikan laut dengan de­buran ombak dan gelom­bangnya, tetapi sastra juga bicara tentang karakter se­buah bangsa, tentang sistem nilai, ketinggian kebudayaan dan cita cita luhur tentang ke­jaya­an masa depan. Sastra tak hanya berperan dalam keindahan estetika, tapi juga mengandung pesan akan kebenaran yang dalam dan hakiki.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

Sementara itu, kepala Badan Perpustakaan Alwis mengkatakan,  pada festival ini diangkat sejumlah kegia­tan, yaitu penulisan kreatif remaja, workshop ilustrasi cerita anak, mendongeng, serta seminar kepenu­lis­an. Hal itu lebih untuk me­la­tih minat dan kemampuan membaca sejak dini. “ Lite­rasi harus dikenalkan sejak dini kepada anak dan se­baik­nya dimulai dari rumah tangga,” sebut Alwis seraya mengungkapkan kondisi Perpustakaan Daerah Sum­bar yang memiliki koleksi 120 ribu buku dengan 48 ribu judul, dan dilakukan penambahan 10 ribu buku per tahun. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]