Hari Ini, Polda Gelar Apel Operasi Patuh


Senin, 16 Mei 2016 - 05:01:16 WIB
Hari Ini, Polda Gelar Apel Operasi Patuh Sejumlah anggota Satlantas Polres Sijunjung melakukan razia terhadap pengguna jalan raya, beberapa waktu lalu. Secara institusi Polantas se Indonesia, termasuk Sumbar, akan menggelar operasi patuh 2016 di seluruh wilayah di Sumbar, mulai Senin (16/9) ini. (OGI)

PADANG, HALUAN — Seni (16/5) pagi ini, jajaran Polda Sumbar bersama instansi ter­kait akan menggelar apel ope­rasi patuh, tanda dimulainya operasi tahunan Polri di bidang lalu lintas.  Apel ini sendiri akan dilaksanakan di Lapangan Imam Bonjol, Padang dan di­ikuti Dinas Perhubungan (Dis­hub), aparat gabungan dari TNI AD, AL, dan AU, serta Polisi Militer (PM).

“Tujuan pertama operasi patuh ini adalah mem­per­lancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kece­laka­an. Tujuan kedua dari operasi patuh ini untuk menekan ang­ka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas,” ucap Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Eddy Djunaedi, Sabtu (14/5).

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 03 Maret 2021

Bagi pengendara sepeda motor, kesalahan-kesalahan yang dijadikan bukti pelang­gar­an (tilang) diantaranya, keleng­kapan terhadap surat-surat kendaraan, pengendara mela­wan arus, nomor polisi (nopol) yang tidak sesuai cetakan asli, pengendara maupun pem­bon­ceng sepeda motor yang tidak pakai helm, melanggar lampu rambu lalu lintas, dan segala bentuk jenis pelanggaran ber­kendara lainnya.

“Jika pada operasi simpatik lalu, Polri hanya menegur pengendara kendaraan ber­motor yang melanggar pera­tu­ran berlalu lintas, kali ini polisi akan melakukan penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas tersebut,” tegas Eddy.

Baca Juga : Peringati Setahun Covid-19, Hendri Septa Beberkan Prosesi PBM Tatap Muka di Kota Padang

Pihak-pihak yang terlibat dalam operasi ini, kata Eddy lagi, akan menindak sesuai dengan kewenangannya, se­per­ti POM TNI akan menindak personil TNI dan Dishub akan menindak angkutan umum.

Mantan Wadir Lantas Pol­da Sumbar ini menambahkan, operasi patuh sendiri nantinya diprediksi akan digelar dua sampai tiga kali sehari di jalur perlintasan yang ada di Suma­tera Barat.

Baca Juga : Padang Diguyur Hujan Lebat, Rumah Warga Mulai Digenangi Air

“Itu semua tergantung kon­disi dan perkembangan situasi di lapangan. Kita merahasiakan di jalanan mana saja razia tersebt akan digelar.

Saya juga menghimbau ke­pada masya­rakat Sumbar kh­u­­susnya, un­tuk menjadi pe­lopor kesela­matan dan ber­lalu lintas serta menjadikan keselamatan ber­ken­dara se­bagai kebutuhan,” tutup­nya. (h/mg-adl)

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan Padang Temukan 10 Sajam

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]