Musda IV IKMR Dumai

Harus Bersatu Padu Bangun Dumai


Senin, 16 Mei 2016 - 05:05:46 WIB
Harus Bersatu Padu Bangun Dumai

DUMAI, HALUAN—Wakil Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau, Jon Erizal, yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, secara resmi membuka Musyawarah Daerah IV IKMR Dumai, Minggu (15/5) di Hotel Comfort Dumai.

Dalam sambutannya, Jon Erizal berharap Musda IV IKMR Dumai tersebut bisa memilih pemimpin yang demokratis dan peduli terhadap anggota.

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

Tidak hanya itu, Jon Erizal juga mengingatkan segenap keluarga besar IKMR Kota Dumai, untuk terus mempererat hubungan dan silaturahmi dengan elemen masyarakat Kota Dumai lainnya, termasuk warga Kota Dumai dari suku lain. Sehingga diharapkan, nantinya seluruh elemen dapat bersatu padu dalam membangun Kota Dumai secara bersama-sama.

Dijelaskannya, dalam membangun daerah, diperlukan adanya kerja sama dari semua pihak, kekompakan dan saling tolong menolong serta saling menasehati. Hal-hal yang disebutkan itu menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Lebih khusus, Jon Erizal juga mengingatkan segenap warga IKMR Kota Dumai bisa menjadi tauladan di tengah masyarakat. “Semoga warga IKMR bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya,” katanya.

Menurutnya, masyarakat Minang memiliki sejarah yang panjang dengan masyarakat Melayu bagaikan sisi mata uang, satu keluarga tapi lain rumah. Di negeri Melayu masyarakat Minang bukan orang lain tapi urang sumando. Orang Minang menjadi pengusaha dan pedagang, saling mengisi kekurangan.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Harapan senada juga disampaikan Walikota Dumai, Zulkifli AS. Dalam sambutannya, Zul As mengajak seluruh masyarakat Dumai dari Suku Minang bersatu padu bangun Kota Dumai.

Sedangkan terkait digelarnya Musda IV IKMR, Zul As berharap bisa berjalan dengan lancar dan demokratis. “Saya berharap Musda ini dapat menghasilkan Ketua yang bisa melindungi dan mengayomi masyarakat Dumai suku Minang,” ujarnya.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Selain itu, Walikota berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti Musda dapat memilih Ketua yang mampu menjadi pemersatu, bukan saja warga Minang tetapi seluruh suku yang ada di Kota Dumai. “Ketua yang dipilih haruslah figur yang bisa berkoordinasi dengan suku lainnya, karena di sini terdiri dari banyak suku bangsa,” harap Zulkifli AS.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan, Jonfikar, mengatakan persiapan Musda IV IKMR Dumai membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan.  “Dalam Musda ini, kami mengundang seluruh ikatan keluarga (IK) daerah Sumatera Barat yang ada di Kota Dumai. Selain sebagai undangan biasa juga sebagai peserta,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jonfikar yang juga mantan anggota DPRD Dumai ini mengatakan, dalam pelaksanaan Musda ini, seluruh peserta berjumlah 54 orang. Terdiri dari perwakilan IK, IKMR Kota Dumai serta IKMR Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, meski dengan anggaran seadanya, kita harapkan pelaksanaan Musda sukses hingga terpilih pengurus baru,” harapnya. (hr/zul)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]