122 Izin Usaha Pertambangan di Sumbar Dievaluasi


Senin, 16 Mei 2016 - 17:34:55 WIB
122 Izin Usaha Pertambangan di Sumbar Dievaluasi

PADANG, HALUAN -- Pelaksana tugas (Plt) Dinas ESDM Sumbar Heri Martinus  Senin (16/5) mengatakan, saat ini terdapat 122 Izin Usaha Pertambangan (IUP) tambang logam dan batubara yang dievaluasi. Dari jumlah itu, 17 sudah masuk tahap direkomendasikan untuk Clean and Clear (CnC), sementara 105 sisanya masih dalam evaluasi. Dari 105 itu, terdapat 6 permasalahan IUP yang masuk kategori sedang, 14 kategori sedang, dan 85 kategori berat.


“Kategori berat yakni izin terbit setelah eksplorasi, permo­honan perpanjangan diajukan setelah masa berlaku habis, izin eksploitasi tanpa didahului eks­plorasi. Kategori sedang, yakni tumpang tindih IUP, tumpang tindih dengan kawasan hutan konservasi, serta pergeseran wilayah tambang. Namun semuanya itu memiliki kemungkinan yang sama, apakah akan direkomendasikan CnC atau tidak, tinggal kelengkapan data dan kronologisnya,” jelasnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 25 Februari 2021


Dalam kesempatan yang sama, Kasi Konservasi dan Pertambangan Dinas ESDM Sumbar Insuddin menjelaskan, IUP yang bermasalah dimaksud hampir merata tersebar di 19 Kabupaten/Kota di Sumbar. Akan tetapi, untuk di wilayah Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto, dan Tanah Datar hampir semuanya CnC. “Tambang yang perizinannya masih bermasalah itu justru berada di daerah yang tidak potensial. Mungkin karena penanam modal masih perlu mengkaji untuk menindaklanjuti, tetapi justru akhirnya terbengkalai lalu terjadi tumpang tindih,” pungkasnya. (h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]