FAS Akomodir Partisipasi Anak


Selasa, 17 Mei 2016 - 03:18:43 WIB
FAS Akomodir Partisipasi Anak

SAWAHLUNTO, HALUAN — Dalam mela­kukan pembangunan, pemerintah diwa­jibkan untuk mendengar suara anak serta melibatkan partisipasinya. Selain itu Peme­rintah juga wajib merealisasikan 31 item hak anak, yang disarikan dalam Undang-undang Perlindungan Anak nomor 23 tahun 2002.

“Hadirnya Forum Anak Sawahlunto (FAS) hendaknya dapat sebagai media komunikasi dalam membangun pengertian antar anak anak dan orang dewasa, orang­tua, pemerintah dan masyarakat dalam memenuhi hak-hak anak,” kata Pembina Forum anak Sawahlunto, Sri Fuji Lestari kepada Haluan.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

Setiap anak, lanjut Sri Fuji, berhak mendapatkan hidup, tumbuh dan berkem­bang, serta berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, di samping mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Partisipasi anak sebutnya, merupakan salah satu hak dasar anak untuk menge­mukakan dan didengarkan pendapat atau aspirasinya. Melalui Forum Anak Sawah­lunto dapat dijadikan sebagai tempat bagi anak-anak belajar berintegrasi sosial sesama teman sebaya.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Selain itu juga dapat mengenali masalah dan mencari solusi dengan cara yang dipilih anak anak. Sehingga pelaksanaan pem­bangunan benar-benar dirasakan manfa­atnya oleh anak yang ada.

Menurut Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (PMPKB), Adri Yusman, forum anak berfungsi sebagai sarana untuk mem­promosikan segala kreativitas yang me­nyang­kut perlindungan anak, di samping itu dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak Sawahlunto untuk berbuat lebih baik lagi bagi pembangunan bidang anak di masa datang.

Baca Juga : Mengenal M. Irfan Monaf dan Rihhadatul Aisya Yube, Pemenang Duta GenRe Solsel 2021

Pemerintah Kota senantiasa mendukung sepenuhnya keberadaan forum anak ini, dimana keberadaannya akan membantu pemerintah daerah dalam mengambil keputusan atau kebijakan di bidang kesejahteraan anak ke depannya.(h/mg-rki)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]