Tekan Angka Pengangguran

54 Angkatan Kerja Sawahlunto Ikuti Pelatihan


Selasa, 17 Mei 2016 - 03:19:11 WIB
54 Angkatan Kerja  Sawahlunto Ikuti Pelatihan

SAWAHLUNTO, HALUAN — Memanfaatkan Mobil Training Unit (MTU) yang dimiliki Dinas Perindagkopnaker Kota Sawahlunto, sebanyak 54 angkatan kerja utusan desa dan kelurahan yang ada, dilatih untuk menguasai listrik industri 3 phasa dan las listrik.

“Pelatihan bertujuan un­tuk memberikan keterampilan kepada angkatan kerja di kota ini. Harapannya adalah bisa meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dalam memangkas jumlah pengangguran,” kata Kepala Dinas Perindagkopnaker Sa­wahlunto, Deswanda.

Baca Juga : BLK Agam Gelar Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti

Deswanda menilai hasil dari pelatihan ini nantinya bisa mengisi lowongan kerja dibeberapa industry dan pe­rusahaan yang ada di sekitar Sawahlunto, selain itu juga mendorong terbukanya pe­luang usaha baru.

Biasanya, sebut Des­wan­da, tingginya angka pengang­guran disebabkan kurang kom­petensi yang dimiliki oleh angkatan kerja, sehingga tidak mampu bersaing, termasuk tidak beraninya membuka suatu usaha yang diakibatkan minimnya ke­mampuan atau skill dibidang tertentu.

Baca Juga : Rusma Yul Anwar: Pembangunan Harus Terukur

Pihaknya akan terus meng­gelar berbagai macam pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, Ia berharap melalui pelatihan itu bisa mengisi lowongan kerja di industri sekitar termasuk mun­culnya lapangan usaha baru.

Sementara itu Kabid Te­naga Kerja Disperin­dagkop­na­ker Sawahlunto, Edi Putra, menyebutkan, pelatihan listrik industri 3 phasa diikuti oleh 18 orang utusan dari desa dan kelurahan, sedangkan pe­latihan las listrik diikuti oleh 36 orang yang terbagi atas dua angkatan dengan durasi pe­latihan sebanyak 240 jam atau satu bulan penuh.

Baca Juga : PKKM Sumbar 2020, Sembilan Kepala Madrasah Agam Masuk 10 Besar

Sebelumnya, sebut Edi, pihaknya juga telah mem­berikan pelatihan sepeda mo­tor dan listrik penerangan dengan sa­saran angakatan kerja sekolah menengah atas.

“Untuk me­mantapkan ke­ahlian setelah pelatihan, para peserta juga diberikan ke­sempatan untuk magang di­beberapa perusa­haan dan unit usaha yang ada di Sa­wah­lunto,” terangnya. (h/mg-rki)

Baca Juga : DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]