SKPD Diminta Bersinergi dengan PKK


Selasa, 17 Mei 2016 - 03:24:50 WIB
SKPD Diminta Bersinergi dengan PKK

Arosuka, Haluan—10 program pokok PKK, pada hakekatnya selaras dengan program pembangunan pe­merintah yang dikelola oleh SKPD terkait. Lantaran itu, diharapkan kepada seluruh elemen masya­rakat dan SKPD terkait untuk mendukung penuh dan bersinergi dengan Tim Peng­gerak PKK dalam melaksanakan 10 prog­ram pokoknya dengan sebaik-baiknya.

Hal ini ditegaskan oleh Bupati Solok H.Gusmal, saat kegiatan pe­man­tauan kegiatan gerak PKK Kabu­paten Solok, pada lokasi pemenang pada tahun 2015 di Guest House kediaman Bupati Solok Arosuka, Kamis (12/5) lalu.

Baca Juga : Pemkab Agam Lelang Puluhan Paket Pekerjaan Senilai Rp73 Miliar

Bupati menyebutkan, momentum peri­ngatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang diperingati bebe­rapa hari yang lalu, sejatinya tidak sekedar untuk menciptakan keme­riahan atau seremonial sesaat, namun diharapkan memberikan arti dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini. “Ini momentum evaluasi atas kinerja selama inidalam mensejahte­rakan masyarakat,” kata Bupati.

Dihadapan Ketua TP-PKK Pro­vinsi Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok  Ny. Desnadefi Gusmal, Wakil Ketua TP-PKK Kab Solok  Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala BPM Kab Solok, Drs. H. Khairi Yusri, Kepala SKPD dan Camat se-Kab Solok, serta seluruh jajaran Tim Penggerak PKK Ke­camatan se-Kab Solok, TP-PKK Na­gari yang hadir Bupati berharap kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk selalu memberikan bim­bingan dan pembinaan kepada seluruh kader PKK, karena mereka lah yang langsung berhubungan dengan ma­syarakat.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Terhadap harapan itu, Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno menyebutkan, pertemuan ini bukan hanya sekedar mempererat silaturahmi, tetapi juga dalam rangka melaksanakan moni­toring evaluasi gerakan PKK yang telah dilaksanakan di daerah ini. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan diskusi  bersama pengurus PKK Kabupaten Solok beserta jajarannya.

Nevi menjelaskan, gerakan PKK mem­punyai peran dan sekaligus peluang yang besar untuk mengisi dan menun­jang pelak­sanaan otonomi daerah. Dengan bermitra bersama pemerintah untuk mewujudkan kelu­arga sehat, sejahtera dan man­diri. Pihaknya sekaligus berharap kepada seluruh tim penggerak PKK di semua jenjang agar selalu menghidupkan pembinaan kelompok Dasawisma, PHBS dan Posyandu, maupun pelak­sanaan kegiatan 10 program pokok PKK lainnya. “Hal yang perlu diper­hatikan adalah peningkatkan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK,” jelas­nya.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pihaknya menyadari, bahwa keber­hasilan pelaksanaan program kesejah­teraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat, dengan bim­bingan dan fasilitas dari berbagai instansi lembaga terkait.  “10 program pokok PKK sampai saat ini dinilai masih relevan dengan perkembangan zaman, namun dalam pen­jabaran pelaksanaanya, dise­rahkan kepada daerah serta dise­suaikan dengan kearifan lokal sesuai situasi, kondisi dan kemampuan yang ada,” tutupnya. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]