Hadapi MEA

Pengelola Pasar Tradisional Diberi Pelatihan


Selasa, 17 Mei 2016 - 03:26:50 WIB

Arosuka, Haluan — Un­tuk meningkatkan penge­tahu­an dan kemampuan dalam pengelolaan pasar tradisional, Pemkab Solok menggelar pe­la­tihan bagi 45 orang yang terdiri dari komisi dan badan pengelola pasar tradisional se-Kab. Solok. Pelatihan yang digelar di Hotel Grand Malin­do Bukittinggi ini dilaksa­nakan selama tiga hari, dari tanggal 10-12 Mei 2016 de­ngan fokus kegiatan terkait pengelolaan adminstrasi dan anggaran secara tertib dan benar.

“Keberhasilan dalam pe­nge­lolaan pasar juga diukur dari bagaimana pengelolaan laporan tahunan yang baik dan benar,” kata Kadis koperindag dan UKM Kab. Solok Har­wendi.

Sementara itu, Bupati So­lok Gusmal, menyebut­kan, peran pasar tradisional sangat sentral untuk menopang eko­nomi kerakyatan yang meru­pakan salah satu dari 4 pilar pembangunan di Kabupaten Solok. Pengelolaan pasar yang baik merupakan tan­tangan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Khususnya bagi para pe­nge­lola pasar, bagai­ma­na menciptakan kondisi pasar yang bersih dan nyaman bagi pengunjung.

Menghadapi MEA ini, kata dia, tantangan bagi pasar tradisional ini sangat banyak di antaranya pasar modern dan pasar online yang makin menjamur. 

Keberadaannya jelas akan menjadi ancaman bagi pasar tradisional apabila tidak mam­pu mengelola pa­sar tradisi­onal dengan baik. “Ma­kanya saya juga berha­rap kepada wali na­gari sebagai penanggung jawab Pasar tradisional di masing-masing nagari, untuk mem­buat terobosan-terobosan dalam mengelola pasar ini. Pasar boleh tradisional tetapi pengelolaan nya sudah mo­dern,”  jelas Gusmal.

Bila manajemen penge­lolan pasar ini tidak segera dibenahi, maka pasar tidak akan berkembang dan dam­paknya masyarakat akan me­ning­galkan pasar tradisional dalam memenuhi kebutu­hannya dan beralih ke pasar moderen.

“Ini jelas akan mem­pe­ngaruhi perekonomian masya­rakat di daerah setem­pat. Dan yang tidak kalah penting nya, bangun komunikasi yang baik antara pengelola pasar dengan pe­merintah daerah,” pung­kas­nya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]aluan.com