Penemu Cincin Neptunus Meninggal Dunia


Selasa, 17 Mei 2016 - 03:36:19 WIB
Penemu Cincin Neptunus Meninggal Dunia An­dre Brahic.

JAKARTA, HALUAN — An­dre Brahic, salah seorang yang menemukan cincin Neptunus, meninggal dunia di usia 73. Ilmuwan Prancis ini ada­lah salah satu anggota tim yang pertama kali melihat cincin itu pada tahun 1984, dan menamakannya Keset­araan, Persaudaraan dan Ke­be­basan, berdasarkan motto Republik Perancis.

Dalam sebuah per­nyataa­na­nya, Presiden Prancis Fran­cois Hollande mengatakan bahwa Brahic tahu ‘bagai­mana menjelaskan misteri ruang angkasa dengan mu­dah.’

Baca Juga : Benarkah? Hasil Studi Sebut Anjing Pelacak Bisa Deteksi Covid-19 Seminggu Sebelum Hasil PCR

Brahic, 73, dipandang se­ba­gai tokoh kunci dalam me­ning­katkan kesadaran masya­ra­kat tentang penelitian ke ruang angkasa.

Dia pernah berkata bahwa sains ‘bisa membuat mata anak-anak kecil berbinar-binar.’

Baca Juga : Inggris Temukan Lagi 16 Kasus Varian Baru COVID-19, Mengandung Mutasi E484K

“Dia adalah tokoh brilian: luar biasa hangat, mendalam dan otentik, seorang ilmuwan besar dan juga pendongeng dan penulis yang hebat,” kata penerbit dan temannya Odile Jacob.

Tata surya kita: Andre Bra­hic menemukan cincin Neptu­nus terkait ketertarikannya pada cincin Saturnus.

Baca Juga : Selandia Baru Diguncang Gempa Bumi 8,1 SR: Peringatan Tsunami Dibunyikan, Warga Diminta Pindah ke Tempat Lebih Tinggi

Penemuan cincin Nep­tunus, bersama dengan astro­nom Amerika William Hub­bard, merupakan kelanjutan dari minatnya terhadap cincin Saturnus.

Dalam karyanya bersama Komisi Energi Atom dan Energi Alternatif di Paris dan sebagai profesor di Uni­ver­sitas Paris, ia membantu me­lakukan penelitian ke tata surya melalui NASA dan misi tak berawak Eropa.

Baca Juga : Miliuner Jepang Ini Cari 8 Orang Teman Traveling ke Bulan, Siapa Berminat?

Pada tahun 1990, sebuah asteroid bernomor 3488 diberi nama Brahic sebagai per­sembahan dan peng­hor­matan atas karya-karyanya. (h/inl)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]