Besok, Kongres Sosiolog se-Indonesia Digelar


Selasa, 17 Mei 2016 - 04:22:15 WIB
Besok, Kongres Sosiolog se-Indonesia Digelar

PADANG, HALUAN — Se­kitar 200 sosiolog se-Indo­nesia bakal hadir di Padang menghadiri Kongres So­siologi Nasional V pada Rabu-Kamis (18-19/5). Ko­n­gres yang sudah menjadi agenda rutin  sekali dua tahun ini, dihelat oleh Aso­siasi Program Studi Sosio­logi Indonesia (APSSI) di Hotel Bumi Minang Padang.

Ketua Panitia Pen­ye­lenggaraan Kongres So­sio­logi Nasional V DR Jen­drius Msi didampingi Pani­tia Ar­di Abbas mengatakan, Ko­ng­res Sosiologi Nasional V akan dibuka Gubernur Sum­bar Irwan Prayitno dan me­ng­hadirkan key­no­tes­peaker Sosiolog Inter­nasio­nal, Prof DR Anton Lucas dari Ho­bart University. Juga hadir sebagai pemateri Ketua Um­­um PP Mu­ham­ma­diyah DR H Haedar Nashir.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

“Kongres juga men­g­hadirkan Prof DR Afrizal MA sebagai moderator. Selain itu, juga akan ter­dapat 200 sosiolog sebagai panelis,” ujar Ardi Abbas.

Dikatakan, ada 105 pro­gram studi sosiologi di ber­bagai perguruan tinggi se-Indonesia yang tergabung dalam asosiasi ini. Untuk penyelenggaraan Kongres V tahun ini, Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand sebagai tuan rumah.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

Kongres sebelumnya di­lak­sanakan di Minahasa dan Pekanbaru. Melalui kongres ini, diharapkan dapat mel­a­hir­kan rekomendasi bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, baik dalam mengambil sebuah kebijakan pembangunan, maupun dalam men­ye­les­ai­kan berbagai persoalan so­sial dalam pembangunan.

Ardi Abbas mengatakan, ilmu sosiologi sangat dibu­tuh­kan dalam menentukan perencanaan pembangunan. Pasalnya, dalam menentu­kan kebijakan pem­bangu­nan, manusia harus dijadi­kan subjek pembangunan, bukan sebagai objek.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

Peran sosiologi, me­nurut­nya, semakin penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan, terutama persoalan prilaku manusia.

“Kajian-kajian sosiologi yang diperoleh melalui ko­ng­res nanti sangat di­butuh­kan oleh pemerintah mau­pun pemerintah daerah, dalam merumuskan sebuah kebijakan dan mengatasi persoalan sosial yang diha­dapi bangsa dan negara ini,” katanya.

Baca Juga : Sebanyak 5000 Orang di Kota Padang Telah Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

Ketua IKA FISIP Unand

Sebelum dilaksanakan kongres, Alumni FISIP Un­a­nd yang tergabung dalam Ikatan Alumni (IKA) FISIP Unand menyelenggarakan temu alumni, penetapan AD/ART dan pemilihan Ketua IKA FISP Unand, Jumat (14/5) di Convention Hall Unand.

Drs Ardi Abbas MT selaku Panitia Pelaksana mengatakan, dalam pe­mili­han yang dilaksanakan se­cara musyawarah mufakat tersebut, DR H Khairul Ikhwan, Alumni Sosiologi Angkatan 1984 terpilih sebagai ketua alumni.

“Dalam pemilihan ter­sebut, DR H Khairul Ikh­wan bersaing dengan be­berapa calon lainnya, yakni Wardas Tanjung dan Firdaus Ilyas. Namun, berdasarkan mu­sya­warah mufakat, ter­pilih DR H Khairul Ikhwan seba­gai ketua alumni,” terangnya.

DR Khairul Ikhwan se­bagai Ketua IKA FISIP Unand terpilih menga­ta­kan, saat ini dirinya tengah me­m­bentuk struktur ke­pengu­rusan baru IKA FI­SIP Una­nd periode 2016-2020. (h/vie)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]