UBH Hanya Sediakan 2.600 Kursi


Selasa, 17 Mei 2016 - 04:22:36 WIB
UBH Hanya Sediakan 2.600 Kursi

PADANG, HALUAN —Uni­ver­sitas Bung Hatta sudah (UBH) membuka Pen­daf­ta­raan Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Tahun Akademik 2016/2017. Pendaftaran dapat dilakukan melalui online deng­an alamat situs spmb. bung­hatta. ac.id dan dapat diakses 24 jam.

Tahun 2016 ini, Universitas Bung Hatta akan menerima sebanyak 2.600 mahasiswa baru meningkat dari tahun sebelumnya untuk 24 program studi Sarjana (S1)/Diploma III (D3) dari tujuh fakultas yang ditawarkan.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr Niki Luk­viar­man, SE, Akt, MBA, CA di Ruang Rektor Kampus I UBH menyampaikan, untuk pene­rimaan mahasiswa baru ini dibuka tiga tahapan. Tahap I sudah selesai dan dilanjutkan untuk tahap II dari 11 Mei-25 Juni 2016. Pengumuman ke­lulu­san seleksi untuk tahap II pada 28 Juni 2015 sedangkan daftar ulang pada 29 Juni hingga 10 Juli 2015. Pen­daf­taran untuk tahap III (terakhir) dimulai lagi 29 Juni-5 Agustus 2016 kemudian pengu­muman­nya 6 Agustus 2016 dan daftar ulang pada 8-11 Agustus 2016.

“Penerimaan mahasiswa baru di UBH dikasanakan me­lalui seleksi nilai dari nilai rata-rata rapor semester satu hingga lima dan hasil nilai Ujian Nasional (UN),” ujarnya.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Untuk proses pendaftaran, Niki mengatakan prosesnya cukup mudah dan dapat di­laku­kan dimana saja. Calon mahasiswa dapat mendaftar terlebih dahulu di situs spmb. bunghatta.ac.id kemudian akan memperoleh PIN yang terdiri dari usename dan password. Setelah itu calon mahasiswa dapat membayar uang pen­daftaran Rp200.000 untuk tahap II penerimaan dan Rp­250 ribu untuk tahap III pene­rimaan. Pembayaran dapat melalui ATM / Mobile Ban­king / Internet Banking / SMS Banking atau melalui teller Bank Nagari terdekat.

Untuk biaya uang kuliah mahasiswa baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2016/2017 dengan sistem pa­ket dan biayanya berkisar an­tara Rp5,5 juta hingga Rp7,5 juta tergantung dengan program studi pilihan calon mahasiswa.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

“Biaya uang kuliah ini untuk semester 1 dan semster 2, sedangkan biaya kuliah untuk semester 3 dan beri­kut­nya akan mengalami penu­runan hingga tamat pada se­mes­ter 8, sesuai dengan masa studi ideal. Para orang tua calon mahasiswa sudah dapat melihat kebutuhan uang kuliah anak-anaknya sam­pai tamat sesuai dengan masa studinya,” sebutnya.

Ia menyampaikan biaya pada semester 1 tersebut di­paket menjadi satu yang ter­ma­suk di dalamnya uang pem­bangu­nan, uang kuliah semes­ter satu, biaya PPKMB, jaket, buku pedoman, asuransi kese­hatan, per­pus­ta­kaan dan ICT. Dengan biaya tersebut maha­siswa sudah ting­gal kuliah dan tidak biaya atau pungutan lain lagi.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

“Bahkan biaya uang KKN-PPM, skripsi dan wisuda sudah termasuk dalam biaya uang kuliah paket ini tiap semes­ternya. Calon mahasiswa dapat melihat lebih lengkapnya men­genai panduan pembayaran pendaftaran mahasiswa baru dan rincian uang kuliah di spmb. bunghatta.ac.id,” terangnya.

Niki juga mengingatkan kepada calon mahasiswa agar lebih cermat dalam memilih perguruan tinggi terutama dalam melihat mutu aka­de­mik­nya dimana program studi­nya telah terakreditasi atau belum terakreditasi oleh BAN-PT. Minimal status program studinya terakreditasi B.

“Universitas Bung Hatta sendiri 90 persen program studinya telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Untuk saat ini juga tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta sehingga para calon mahasiswa dan orang tua dapat lebih cer­mat dalam memilih program studi yang telah terakrditasi pada perguruan tinggi ter­sebut,” ujarnya. (h/eni)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]