MFF Tampung Potensi Disainer


Selasa, 17 Mei 2016 - 04:30:23 WIB
MFF Tampung Potensi Disainer

PADANG, HALUAN — Pe­merintah Provinsi Sumbar akan menggelar Minang­kabau Fashion Festival (MFF) pada 23-24 Mei 2016 mendatang. Kegiatan ini diharapkan dapat me­nam­pung potensi kreatif disainer Sumbar maupun nasional

Hal ini disampaikan Ke­pala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar Burhasman Bur dalam jum­pa pers di kantor dinas tersebut, Senin (16/5).

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

“Hadirnya sekolah-se­ko­lah maupun perguruan tinggi jurusan busana serta sekolah-sekolah menjahit menambah dan me­ning­katkan jumlah pelaku di bidang fashion seperti de­sai­n­er, maupun model yang saling bersinergi  dalam melaksanakan ivent pe­raga­an busana di Sumbar,”jelas Burhasman Bur.

Ditambah hadirnya iven-iven di kabupaten/kota yang juga melaksanakan iven di bidang fashion  sebut saja payakumbuh fashion week songket carnaval, Pariaman fashion week, tambah Bur­has­man Bur. Selain itu, juga di dukung dengan maraknya ajang peragaan busana da­lam bentuk lomba maupun peragaan para desainer mu­da dan desainer ternama uang dilaksanakan peme­rintah maupun masyarakat.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

“Hal ini sejalan dengan program dan kegiatan dinas pariwisata  dan ekonomi kreatif provinsi Sumbar yang berkeinginan men­ja­di­kan Sumbar sebagai pusat busana muslim Indonesia. Sejalan juga dengan pro­gram wisata islami,”tandas Burhasman Bur.

Untuk kegiatan kali ini pihaknya  menggandeng komunitas desainer etnik Indonesia Sumbar untuk melaksanakan tersebut. Ko­mu­nitas desainer Etnik In­do­nesia merupakan ko­mu­nitas yang anggotanya bukan saja para desainer tetapi, pengrajin songket dan sula­man yang berada di Sumbar.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

“Komunitas ini men­coba membuat jaringan dan keterkaitan antara desainer dan pengrajin. Selain itu, komunitas desainer etnik Indonesia (KDEI) yang salah seorang penasehatnya adalah Itang Yunasz dan Raizal Boeyoeng Rais se­bagai ketua KDEI In­do­nesia. Untuk KDEI Sumbar dipegang oleh Novia Har­tini,”papar Burhasman Bur.

Rencana pembukaan Minangkabau Fashion Fe­s­­tival akan dihadiri oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia RI Tria­wan Munaf. Dalam ke­giat­an tersebut juga digelar be­berapa lomba fashion yang diikuti oleh desainer, pe­la­jar dari SMK dan per­guru­an tinggi di Sumbar. Total hadiah bagi lima pemenang mencapai Rp108 juta.(h/ows)

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]