Baru 12 Daerah Kirim Data Perda yang Layak Dikaji untuk Dibatalkan


Selasa, 17 Mei 2016 - 18:16:03 WIB
Baru 12 Daerah Kirim Data Perda yang Layak Dikaji untuk Dibatalkan

PADANG, HALUAN --  Kepala Bagian Bina Produk Hukum Sekretariat Provinsi Sumbar, Ardanis SH mengatakan, tercatat 12 kabupaten/kota yang telah mengirim data Perda yang layak dikaji untuk dibatalkan. Masing-masing Kabupaten Agam, Dharmasraya, Solok, Padang Pariaman, Tanah Datar, Sijunjung, Limapuluh Kota, Pasaman Barat, Pasaman, Kota Padang, Bukittinggi, Solok, Payakumbuh. Sementara daerah yang belum masih di tunggu.

Ardanis menjelaskan, data Perda yang diterima akan dikaji, apakah Perda dibatalkan seluruhnya, sebagian, atau hanya beberapa pasal. Pembatalan Perda nantinya tidak perlu melalui pembuatan Perda baru karena memakan waktu lama. Cukup dengan keputusan gubernur, sesuai   Permendagri nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah pasal 143 ayat 4.

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, hingga 12 Mei 2016, tercatat 1922 Perda bermasalah di sejumlah wilayah di Indonesia telah dibatalkan, karena menghambat investasi, diskriminatif, bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi, serta yang berkaitan dengan pengalihan kewenangan.(h/ows)

 

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]