Terbentur Perubahan Aturan

Miliaran Anggaran SKPD Akan Dievaluasi


Rabu, 18 Mei 2016 - 03:04:05 WIB
Miliaran Anggaran SKPD Akan Dievaluasi

PEKANBARU, HALUAN —  Pemerintah Provinsi Riau akan mengevaluasi ratusan miliar anggaran pada be­berapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). La­ng­kah itu diambil karena anggaran tersebut tidak dapat digunakan karena terganjal beberapa peru­bahan  peraturan ke­we­nangan pada tahun berjalan 2016.

“Terganjalnya anggaran beberapa SKPD karena per­soalan kewenangan, peru­bahan peraturan yang berla­ku,” kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pem­bangunan Sekda Provinsi Riau , Masperi, di Pekan­baru, Senin (16/5).

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

Menurutnya, ketika ke­we­nangan itu tidak bisa dilaksanakan maka harus direvisi dan diubah  melalui perubahan Anggran Pe­n­dapatan dan Belanja Da­erah (APBD).

Ia mencontohkan salah satu SKPD yang terkendala menjalankan programnya adalah Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air, di mana terdapat Rp480 miliar tak bisa di­jalankan tahun ini.

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Ini kita istilahkan se­perti kegiatan-kegiatan yang cacat bawaan karena keada­an tetapi kita masih ada waktu sampai perubahan APBD,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, me­ka­nisme yang ada sesuai de­ngan Rencana Kerja Peme­rintah Daerah (RKPD) 20­17 yang menurut tahapan­nya Pera­turan Gubernur tersebut pada 23 Mei sudah ditan­datangani oleh Pelak­sana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

“Di situ akan tergambar berapa sisa lebih peng­guna­an anggaran (Silpa) yang hendak kita masukkan  dan juga akan tahu berapa silpa tahun lalu,” katanya me­nam­bahkan. 

Selanjutnya, katanya, anggaran dimanfaatkan dan digunakan sepenuhnya un­tuk membiayai pem­bangu­nan. “Badan Pemeriksa Ke­uangan (BPK) sudah selesai melaksanankan audit maka akan ada perda per­hitung­an,” tambahnya.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Ia menjelaskan silpa ta­hun 2015 dan silpa tahun berjalan 2016 akan di­ma­sukan pada anggran APBD Perubahan 2016 yang di­pre­diksi selesai pada Sep­tem­ber 2016. (h/ant)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]